Tips Atasi Minyak Berlebih Pada Kulit Wajah

Minyak berlebihan pada kulit wajah itu sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak faktor. Mulai dari jenis kulit itu sendiri, kesalahan pemakan produk skincare, tidak telaten dalam membersihkan dan merawat kulit, hingga terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak atau junk food.

Nah, masalah minyak pada wajah ini tak hanya membuat wajah kusam tapi juga bisa menyebabkan masalah lain, seperti jerawat. Bahkan, minyak berlebihan dapat membuat make up yang dipakai mudah luntur. Untuk itu, perawatan berikut ini bisa menjadi solusinya. Penasaran?

Jangan Lupa Membawa Tisu

Ketika wajah sudah mulai mengeluarkan banyak minyak, Anda perlu menghapusnya menggunakan tisu. Biasanya, area T (dahi, hidung, dan dagu) adalah langganan untuk minyak berlebih.

Cuci Wajah Dua Kali Sehari

Mengontrol minyak pada kulit wajah bisa dilakukan dengan membersihkannya secara rutin. Pastikan untuk mencuci wajah hingga bersih dua kali sehari. Terlalu banyak membersihkan wajah dengan sabun justru akan membuat kulit kering dan lebih banyak memproduksi minyak.

Masker Wajah

Pilih masker yang memiliki kandungan sesuai dengan kebutuhan kulit. Seperti halnya kulit berminyak, kamu bisa menggunakan masker dengan varian jeruk karena akan memberikan manfaat mencerahkan sekaligus menyerap minyak berlebih pada kulit. Gunakan sesuai aturan agar hasilnya pun maksimal.

Gunakan Pelembap

Meski kulit memiliki minyak berlebih bukan berarti kamu terbebas dari penggunaan pelembap. Hal ini masih penting dibutuhkan oleh kulit. Pastikan untuk memilih produk yang berbasis air sehingga tidak membuat wajah semakin berminyak.

Kosmetik yang Tepat

Bagi kulit berminyak harus lebih berhati-hati dalam memilih produk kosmetik. Hindari produk yang mengandung alkohol karena hal ini akan menyerap minyak alami kulit sehingga membuat produksinya semakin banyak. Gunakan pula beberapa kosmetik berbahan herbal, seperti teh hijau dan lidah buaya sehingga dapat memberikanmu manfaat lebih tanpa efek samping.