Tips Merawat Rambut Keriting Tanpa Ribet

Tips Merawat Rambut Keriting Tanpa Ribet

Informasi Terkini – Mungkin tidak banyak wanita yang memiliki pilihan untuk berambut keriting. Boleh dibilang, rambut keriting cukup anti-mainstream. Tetapi, kini rambut keriting dapat menjadi salah satu cara untuk menonjolkan kepribadian Anda. Memiliki rambut keriting memang membutuhkan lebih banyak usaha dan terkesan lebih ribet. Namun tips merawat rambut keriting berikut ini bisa menjadi langkah mula Anda yang bebas ribet. Let’s check these out!

1. Jadikan layer sebagai potongan andalan Anda

Formula penting agar si rambut keriting mudah diatur adalah dengan memotong. Tapi ingat, layer it! Potongan rambut layer ideal untuk menciptakan tekstur dan dimensi pada rambut keriting. Selain itu, layer akan mengontrol volume rambut keriting yang cenderung mengembang agar tidak berlebihan. Konsultasikan pada hair stylist yang mengerti penataan rambut keriting. Biasanya, proses memotong rambut akan dilakukan dalam kondisi kering.

2. Hindari sampo dengan kandungan sulfat

Sebisa mungkin jangan menggunakan sampo yang mengandung sulfat. Kandungan sulfat pada sampo cenderung mengikis kelembapan rambut. Rambut keriting membutuhkan kelembapan ekstra untuk menjaga struktur keritingnya. Pilihlah sampo dengan kandungan alami atau sampo yang diformulasikan khusus untuk rambut keriting.

3. Handuk? Jangan asal gosok ya

Setelah keramas, terkadang refleks tangan Anda ingin mengeringkan rambut lebih cepat dengan cara menggosok rambut dengan handuk agar sisa air terserap. Padahal, bagi pemilik rambut keriting, mengeringkan rambut dengan cara tersebut bisa membuat rambut Anda kering, kusut dan frizzy. Tekan-tekan rambut menggunakan handuk dan hindari menggosoknya agar tekstur keriting rambut tidak rusak.

4. Lupakan sisir rambut saat rambut kering

Salah satu yang harus Anda perhatikan, jangan pernah menyisir rambut keriting Anda saat kondisi kering. Sebaiknya gunakan jari saja untuk merapikan jika memang berantakan. Atau, gunakan sisir bergigi jarang. Waktu paling baik untuk menyisir rambut keriting adalah pada saat basah.

5. Gunakan produk yang tepat untuk rambut keriting

Rambut keriting perlu perawatan lebih dibandingkan rambut lurus. Pasalnya, jika kekurangan protein dan kurang nutrisi, rambut menjadi kering dan kusut. Setidaknya lakukan perawatan seminggu sekali agar kelembapan dan kelembutan rambut terjaga. Beri kelembapan dan nutrisi yang dibutuhkan rambut keriting dengan menggunakan serum rambut. Aplikasikan serum pada saat rambut dalam keadaan lembap.