Tips Perawatan Untuk Kaki Kapalan

Tips Perawatan Untuk Kaki Kapalan

Informasi Terkini – Salah satu dari beberapa masalah yang menghinggapi kaki Anda, selain tumit pecah-pecah, adalah penebalan kulit alias kapalan. Selain tak sedap dipandang mata, kaki kapalan membuat pemakaian sepatu menjadi tak nyaman. Meski bikin gemas, hindari mengikis atau menggunting kapalan sendiri. Risikonya, Anda bisa mengalami infeksi! Periksa juga sepatu yang Anda biasa pakai. Secantik-cantiknya desain sepatu Anda, jika sempit dan membuat kaki tidak nyaman, tinggalkan. Nah, saat mengikisnya, Anda butuh bantuan sikat khusus yang ditargetkan untuk kaki.

Namun, sebelum menggunakan sikat kaki ini, Ada baiknya Anda melembutkan kulit kaki terlebih dahulu dengan beberapa pilihan berikut ini. Kulit kaki yang lembut akan memudahkan Anda ketika menggosok kapalan dan mengikis kulit tebalnya.

1. Masker Aspirin

Tahukah Anda, aspirin juga mampu melembutkan kulit kapalan. Kandungan aspirin juga bisa meringankan rasa sakit yang ditimbulkan kapalan tersebut. Siapkan lima atau enam tablet aspirin, dan hancurkan hingga halus. Campurkan dengan setengah sendok teh perasan lemon dan seperempat sendok teh air. Gunakan campuran ini pada kulit kapalan dan lapisi dengan plastik. Bungkus lagi dengan handuk hangat dan diamkan selama sekitar 10 menit. Setelah ini, barulah Anda bisa menggosoknya dengan sikat.

2. Sea Salt Scrub

Jika punya garam laut, Anda bisa memanfaatkannya sebagai scrub penghalus kulit tebal. Sebelumnya, rendam dulu kaki Anda di air hangat selama 10 menit. Setelah itu, siapkan racikan scrub dari garam laut dan minyak zaitun dengan perbandingan 1:3. Gunakan scrub ini pada kulit kapalan selama beberapa menit dengan arah melingkar. Bilas dengan air hangat, baru gunakan sikat kaki untuk menggosok kapalan tersebut.