Tips Pilih Bahan Sashimi Yang Baik

Tips Pilih Bahan Sashimi Yang Baik

Informasi Terkini – Banyak orang kini menyukai makanan luar negeri, seperti sashimi yang berasal dari Jepang. Sashimi ini terbuat dari ikan mentah segar yang diberi sedikit tambahan bumbu untuk melezatkan rasanya. Tak hanya lezat, makan sashimi juga bisa membantu pemenuhan asuan nutrisi dalam tubuh. Seperti vitamin dan beberapa nutrisi yang lain.
Namun, saat membuat sashimi sendiri ala rumahan sebaiknya Anda memperhatikan tips-tips ini agar sashimi bisa memberikan manfaat baik bagi tubuh
1. Memilih ikan segar
Sashimi terbuat dari ikan mentah. Nah, memilih ikan mentah yang dalam kondisi baik dan masih segar adalah tips agar sashimi yang hendak dimakan memiliki kuakitas yang baik.
Saat memilih ikan, cium baunya. Bila bau ikannya sudah tidak enak seperti membusuk atau terlalu amis lebih baik tinggalkan dan jangan mengonsumsinya. Ikan berkualitas baik hampir tidak memiliki bau.
Lalu, lihat mata ikan, pilih ikan yang masih memiliki mata jernih.
2. Tekstur ikan
Pilih ikan yang masih tampak cerah dan sedikit lembap. Ikan ini lebih memiliki kualitas yang baik dibanding yang sudah kering dan kusam.
3. Lihat lemak
Biasanya lemak ikan dilihat dari garis putih yang ada di tubuhnya. Ikan yang memiliki gari putih lebih banyak menandakan ikan itu sedikit bergerak. Dan garis putih yang sedikit bisa menandakan ikan tersbut berasal dari peternakan yang baik.
4. Ikan ternak dan ikan liar
Bila disuruh memilih mana yang baik, ikan diternak atau yang di alam bebas, sebaiknya Anda memilih ikan yang ditangkap dari alam bebas. Ikan yang berada di alam bebas cenderung lebih sehat karena bebas bergerak sesuai kemauannya.