Tips Untuk Mengatasi Tipe Kulit Kombinasi

Tips Untuk Mengatasi Tipe Kulit Kombinasi

Informasi Terkini – Mendapatkan kulit bersih dan indah adalah dambaan setiap kaum hawa. Bagaimana tidak, kulit wajah yang terbebas dari masalah tentunya membuat kita nyaman dan meningkatkan percaya diri bukan? Pada umumnya jenis kulit wajah terbagi menjadi empat kategori yaitu normal, berminyak, kering, dan kombinasi. Untuk kategori terakhir, yaitu kulit kombinasi, apakah jenis kulit Anda termasuk kategori ini? Nah, hal ini tentunya banyak menjadi pertanyaan mengenai jenis kulit kombinasi dan perawatan khusus untuk jenis kulit tersebut. Yuk, coba ketahui lebih lanjut tentang serta trik jitu untuk kulit kombinasi!

1. Karakteristik Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi merupakan perpaduan antara jenis kulit kering dan berminyak. Jenis kulit ini rupanya paling banyak dimiliki wanita. Hal ini dikarenakan hormon sebaceous yang lebih aktif pada zona T (dahi, hidung, dan dagu) dibandingkan area kulit wajah lainnya. Zona T lebih mudah berminyak dan rentan masalah kulit seperti komedo dan pori-pori membesar sementara area lainnya normal sampai kering.

2. Cara Merawat Kulit Kombinasi

Tak seperti kulit kering atau kulit berminyak, kulit kombinasi memiliki perawatan yang berbeda. Rahasianya adalah memusatkan perawatan di area yang bermasalah, dengan mengombinasikan jenis perawatan yang berbeda pada setiap bagian wajah Anda. Simak tips dan trik melawan kulit kombinasi berikut ini.

– Gunakan gentle cleanser

Selalu gunakan pembersih wajah dengan formula lembut, atau water-based untuk mencegah kulit dari iritasi dan juga kering. Beri perhatian lebih pada area wajah yang berminyak, karena bagian ini merupakan bagian yang paling mudah kotor dan berjerawat. Hindari pembersih yang mengandung fragrance yang dapat memperburuk kondisi kulit kombinasi.

– Perbaiki struktur kulit dengan toner

Area seperti T-zone ternyata lebih membutuhkan toner yang berfungsi untuk mengendalikan minyak. Anda bisa melakukan double toning dengan fokus pada area seperti dahi, hidung, dan dagu terlebih dahulu lalu beralih pada bagian wajah yang kering. Gunakan toner seusai membersihkan wajah paling tidak sehari dua kali. Usahakan untuk memilih toner yang tidak mengandung alkohol maupun fragrance.

– Kombinasikan produk pelembap

Untuk urusan pelembap wajah, Anda bisa mengombinasikan pelembap dengan menggunakan dua produk sekaligus pada area yang membutuhkan. Misalnya pada area kulit kering, Anda bisa menggunakan produk berbahan dasar krim. Untuk bagian zona T, pilihlah pelembap yang teksturnya gel atau lotion.

– Merawat dengan masker wajah

Produk masker kini semakin berinovasi dan tersedia untuk berbagai jenis kulit yang berbeda. Ternyata, Anda bisa menggunakan masker yang dikombinasikan sekaligus pada satu wajah alias multimasking, khususnya untuk permasalahan kulit seperti kulit kombinasi. Gunakan masker wajah yang menghidrasi untuk bagian kulit yang kering dan masker yang mampu mengontrol minyak berlebih pada area T-zone.