Tomat, Buah Mungil Kaya Vitamin Dan Manfaat

Tomat, Buah Mungil Kaya Vitamin Dan Manfaat

Informasi Terkini – Buah-buahan memang memiliki banyak kandungan manfaat yang bisa membuat tubuh menjadi sehat. Salah satu nya adalah tomat. Buah tomat memiliki banyak kandungan bergizi yang bisa mencukupi gizi seimbang harian bagi tubuh.
Buah tomat memiliki kandungan vitamin C yang bisa memenuhi 40 persen vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, kandungan vitamin A yang bermanfaat bagi penglihatan sementara vitamin K yang bisa bermanfaat bagi kesehatan kulit.
Tak hanya bisa dimakan dalam sayur, tomat bisa dikonsumsi dengan dibikin jus buah bahkan buat tomat juga biasanya dijadikan lalapan.
Di bawah ini ada beberapa manfaat yang dimiliki tomat untuk kesehatan.
1. Melindungi kesehatan jantung
Jantung sangat berperan dalam kehidupan tubuh manusia. Ketika jantung mengalami gangguan, tentu tubuh manusia tersebut sudah tidak sehat. Jadi, kita diharuskan untuk menjaga baik-baik kesehatan jantung.
Kesehatan jantung bisa terjamin ketika kita mengonsumsi tomat secara rutin. Kandungan likopen pada buah tomat lebih baik untuk menyehatkan jantung dibandingkan mengonsumsi obat atau suplemen dengan kandungan yang sama.
Saat manusia memiliki jantung yang sehat, penyakit-penyakit lain yang mengancam nyawa pun ikut menghindar.
2. Meningkatkan penglihatan mata
Seperti yang diulas di atas. Tomat bisa menyehatkan mata sekaligus meningkatkan penglihatan. Kandungan lain, yaitu lutein dan betakaroten bisa melindungi mata dari gangguan mata seperti katarak dan degenerasi makula.
3. Meningkatkan kesehatan pencernaan
Dalam tomat juga terdapat cairan dan serat yang bisa bermanfaat bagi orang yang rentan terhadap konstipasi. Tetapi, hal ini tidak berlaku bagi semua orang. Terkadang juga terdapat orang yang mengonsumsi tomat yang justru membuat asam lambung dan gangguan lainnya akibat keasaman dari tomat.
4. Membantu menjaga gula darah
Gula darah sangat berpengaruh bagi tubuh. Untuk menghindari penyakit diabetes, gula darah harus keadaan normal. Dengan mengonsumsi tomat, gula darah akan terjaga dan terhindar dari penyakit.
5. Menjaga kesehatan kulit
Selain kesehatan tubuh, tomat juga bisa menjaga kesehatan kulit. Campuran antara tomat dan minyak zaitun yang dibentuk dalam pasta bisa melindungi kulit dariancaman kerusakan kulit.