Waspada, Ini Penyakit Yang Bisa Menyerang Saat Banjir Datang

Waspada, Ini Penyakit Yang Bisa Menyerang Saat Banjir Datang

Informasi Terkini – Musim hujan belum berakhir. Dan baru-baru ini, Jakarta yang dulu juga pernah terkena banjir, kini juga dilanda kebanjiran. Air sungai yang meluap memenuhi perkampungan warga sekitar. Nah, akibat ini warga masyarakat yang terkena bencana ini perlu waspada, karena air banjir tentunya merupakan salah satu sumber penyakit di kala musim hujan ini.
Dan berikut ini beberapa penyakit yang perlu diwaspadai masyarakat saat banjir:
1. Penyakit yang ditularkan melalui air
Sungai yang tidak dapat menampung air hujan yang turun menyebabkan airnya meluap hingga ke perkampungan warga sekitar. Itu sebabnya terjadinya banjir. Nah, air yang ada di sungai tentunya sudah tercampur dengan hal-hal kotor sehingga banyak bakteri yang dapat menyebabkan sumber penyakit pada manusia penyakit yang bisa ditularkan melalui air yaitu demam tifoid, kolera, leptospirosis, dan hepatitis A.
Selain itu, bila tetap melakukan kontak langsung dengan banjir, beberapa orang bisa mengalami infeksi luka, dermatitis, konjungtivitis, infeksi pada telinga, hidung, dan tenggorokan. Penyakit ini segera sembuh bila cepat ditangani.
2. Penyakit yang dibawa perantara
Dengan adanya banjir, penyebaran habitat perantara seperti nyamuk semakin luas. Apalagi dalam pengungsian, semakin banyak orang mereka (nyamuk) banyak tumbuh dan berkembang biak. Dengan mudah nyamuk menyebarkan penyakit pada orang satu dan yang lainnya. Jadi, gunakan obat anti nyamuk untuk mencegahnya mungkin akan lebih baik.
3. Risiko karena jenazah
Para pekerja yang bertugas menangani mayat memiliki risiko tinggi tertilar tuberkulosis. Selain itu, gangguan saluran pencernaan juga bisa menular akibat hal ini.
4. Risiko-risiko lain
Selain di atas, ada penyakit-penyakit lain yang berisiko meningkat saat banjir datang. Mungkin, hipotermia yang banyak menyerang anak-anak, dan gangguan saluran pernapasan karena padatnya pengungsian.