Ketahui Akibatnya Jika Anda Sering Memakai Bra Terlalu Ketat

Ketahui Akibatnya Jika Anda Sering Memakai Bra Terlalu Ketat

Informasi Terkini – Bra adalah pakaian dalam wanita yang sangat substansial. Selain dapat mencegah kekenduran, bra juga mampu menjaga kekencangan payudara dan menjaga jaringan lemak di sekitarnya agar tidak menyebar ke bagian perut yang dapat membuat tubuh tampak lebih gemuk dan melar. Demi mendapatkan payudara yang seksi, sebagian wanita memilih untuk memakai bra terlalu ketat atau dengan ukuran yang terlalu kecil. Mereka berasumsi, bra yang kecil dan ketat dapat membuat payudara lebih kencang dan indah. Sayangnya, banyak wanita belum menyadari akan dampak buruk dari hal ini terhadap kondisi kesehatan tubuh. Apa saja sih risikonya? Mari cari tahu pada ulasan di bawah ini!

1. Gangguan Pernapasan

Penggunaan bra yang terlalu ketat seringkali disepelekan oleh sebagian kaum wanita. Padahal, risiko mengalami gangguan pernapasan bisa saja terjadi. Pada beberapa kasus, pemakaian bra yang terlalu ketat atau underwire (kawat penyangga) yang terlalu tebal dapat mengganggu sistem kerja otot-otot di sekitar dada. Jika terus menerus dibiarkan, hal ini dapat menimbulkan bahaya karena tulang rusuk Anda akan terus menerus mendapat tekanan hingga akhirnya Anda pun akan merasakan sesak napas yang luar biasa. Untuk mengatasi masalah ini, coba gunakan bra tanpa kawat penyangga untuk penggunaan sehari-hari. Saat ini, sudah banyak kok produsen bra yang merancang bra khusus tanpa kawat namun tetap dapat menopang payudara secara maksimal.

2. Masalah Sistem Pencernaan

Masalah ini akan terjadi jika Anda terlalu sering mengenakan bra berjenis korset. Jenis bra ini dapat memberikan banyak tekanan pada otot diafragma dan perut. Jika terus menerus menggunakan jenis bra ini dan mengaitkan kaitannya terlalu kencang, proses pencernaan di tubuh Anda pun akan mengalami gangguan. Beberapa fungsi organ yang ada di rongga perut juga akan terganggu, termasuk lambung dan usus yang nantinya dapat berujung pada masalah sulit buang air besar (BAB). Anda nggak mau jadi susah BAB karena sering mengenakan bra yang ketat, kan?

3. Memperburuk Postur Tubuh

Tampil cantik dan menarik itu perlu, namun jangan sampai Anda mengorbankan kesehatan diri sendiri. Memakai bra ketat memang dapat meningkatkan kepercayaan diri, karena hal ini dapat membuat tampilan tubuh tampak lebih kencang dan seksi. Sayangnya tingkat kekencangan pengait bra yang superketat ternyata dapat memengaruhi postur tulang belakang tubuh, lho. Jika digunakan dalam jangka panjang, tubuh akan mengalami gangguan postur yang ditandai dengan adanya ketegangan saraf otot di bagian dada, bahu dan punggung. Maka dari itu, jangan heran kalau lambat laun postur tubuh Anda akan cenderung membungkuk.

4. Nyeri Leher, Punggung, dan Bahu

Cukup banyak wanita yang dengan sengaja mengencangkan tali bra dan mengaitkan kaitannya terlalu kencang demi mendapatkan bentuk payudara yang penuh dan seksi. Sayangnya, kebiasaan ini bukanlah hal yang sehat dikarenakan otot-otot trapezius yang menghubungkan leher, punggung dan bahu akan mendapatkan tekanan ekstra yang berujung pada rasa nyeri tak tertahankan.

5. Sakit Kepala

Beberapa pakar kesehatan telah menyebutkan bahwa pemakaian bra yang terlalu ketat dapat memicu masalah sakit kepala. Bra yang ketat dan kekecilan akan membuat bagian leher serta kepala ikut terpengaruh oleh tekanan besar dari bagian bahu dan tulang belakang. Tekanan yang sangat besar ini akan membuat area di sekitar leher menjadi lebih kaku, sehingga pada akhirnya Anda pun akan mengalami sakit kepala disertai rasa pegal yang tak kunjung hilang.

6. Kulit Lecet

Kulit lecet akibat pemakaian bra yang terlalu ketat memang lumrah terjadi. Hal ini disebabkan oleh adanya gesekan dan tekanan kawat penyangga bra yang terlalu kencang untuk kulit, apalagi kondisi kulit di bagian dada memang cenderung lebih sensitif. Maka dari itu, penggunaan bra yang terlalu ketat sangat tidak dianjurkan jika tak ingin mengalami goresan dan lecet pada kulit.

7. Kanker Payudara

Beberapa tahun lalu, sejumlah ilmuwan telah menemukan fakta bahwa pemakaian bra ketat selama berjam-jam dapat memengaruhi sistem kerja limfatik. Hal ini dapat menyebabkan sirkulasi darah tersumbat dan rusaknya jaringan getah bening. Pembuluh limfatik memang rentan rusak karena bentuknya yang sangat tipis. Ketika fungsi sistem limfatik mulai terpengaruh, kemampuan untuk menghilangkan racun dari payudara pun akan berkurang. Sering menggunakan bra yang ketat amat sangat berbahaya karena dapat menyumbat jaringan getah bening. Dalam kondisi normal, cairan getah bening berfungsi sebagai pencuci racun yang terdapat di payudara. Jika Anda menggunakan bra yang terlalu ketat, racun ini akan tertahan di payudara sehingga dapat menyebabkan kanker payudara.