Ketahui Alasan Mengapa Anda Harus Berhenti Bertanya ‘Kapan Nikah’ Ke Teman Yang Masih Single

Ketahui Alasan Mengapa Anda Harus Berhenti Bertanya 'Kapan Nikah' Ke Teman Yang Masih Single

Informasi Terkini – Budaya Timur menganggap pernikahan adalah sebuah keharusan sehingga seringkali kita mendengar pertanyaan ‘kapan nikah?’ ke teman yang masih single. Meskipun pernikahan itu hak setiap orang, namun tidak bisa dipungkiri sebagian besar masyarakat kita beranggapan ada masalah ketika seseorang belum kunjung menikah padahal usianya sudah matang.

1. Menjaga perasaannya

Sedekat-dekatnya Anda dengan dia, Anda tidak bisa mengetahui dengan pasti bagaimana perasaannya. Bisa jadi dia hanya tertawa saat mendengar pertanyaan tersebut. Namun dalam hatinya mungkin dia sendiri juga ingin segera menikah. Hanya saja mungkin dia belum menemukan seseorang yang tepat. Mencari pasangan hidup tentunya bukan perkara gampang, kan? Bisa jadi pertanyaan Anda hanya akan membuat dia galau. Jadi, sebagai teman yang baik sudah semestinya Anda menjaga perasaannya.

2. Dia sudah pasti bosan dengan pertanyaan itu

Bukan Anda saja yang menanyakan pertanyaan itu-itu terus ke dia, pasti masih ada orang yang lain seperti keluarga, teman kantor, teman masa sekolah, dan lain-lain yang juga menanyakannya. Daripada kamu menambah beban pikirannya, lebih baik berhenti mempertanyakan pertanyaan yang mungkin sudah membuatnya bosan.

3. Dia punya mimpi yang berbeda

Tidak semua wanita punya mimpi menjadi istri dan memiliki keluarga dengan anak-anak yang lucu. Bisa jadi mimpi terbesar seseorang adalah keliling dunia, mencapai puncak karier, sekolah di luar negeri dan hal-hal lainnya. Kita tidak bisa menyamakan persepsi kita dengan orang lain, jadi sebaiknya kita dukung saja hal-hal positif yang teman kita lakukan selama itu membuatnya bahagia.

4. Trauma hubungan masa lalu

Bisa jadi dia punya trauma dari hubungan yang tidak baik di masa lalu. Menanyakan pertanyaan, ‘Kapan nikah?’ bisa membuka luka lama dan membuatnya teringat dengan kenangan yang mungkin ingin dilupakannya. Anda tidak pernah tahu sejarah hidup seseorang, sebaiknya berhati-hati sebelum menanyakan sesuatu.

5. Pertanyaan basi

Sudah bukan zamannya lagi menanyakan pertanyaan ‘kapan nikah?’ ke teman Anda yang masih single. Ketimbang pertanyaan ‘basi’ seperti itu, lebih baik Anda menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang lebih penting. Kalau hanya untuk sekedar basa-basi, lebih baik tanyakan sesuatu mengenai pekerjaan, karir, maupun impiannya.