Ketahui Alasan Yang Membuat Seseorang Sulit Meninggalkan Hubungan Tidak Sehat

Ketahui Alasan Yang Membuat Seseorang Sulit Meninggalkan Hubungan Tidak Sehat

Informasi Terkini – 1. Berharap pasangan akan berubah

Sebagai manusia tentu Anda dan pasangan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kekurangan yang dimiliki juga bukan sesuatu yang dapat diubah sesuka hati. Sebenarnya yang dapat Anda lakukan hanyalah siap mendukung dan mendampingi pasangan untuk meningkatkan kualitas dirinya. Dalam sebuah hubungan, jangan pernah berpikir Anda dapat mengubah seseorang, karena perubahan haruslah datang dari diri mereka sendiri. Seseorang dapat berubah menjadi versi terbaik dirinya jika memang ia menginginkan hal tersebut. Merasa diri Anda bisa merubah orang lain karena tidak sesuai dengan keinginan adalah bentuk keegoisan. Untuk itu, selama Anda merasa dapat merubah pasangan, sama saja seperti terus berjuang di jalan yang salah.

2. Lebih banyak menggunakan perasaan daripada logika

emang benar cinta asalnya dari hati bukan logika, tapi jangan meremehkan adanya logika. Pasalnya, cinta yang semestinya akan membawa kebahagiaan. Namun, jika yang datang malah menyakitkan, Anda mungkin salah mengambil langkah. Logika digunakan untuk memprediksi bagaimana arah hubungan Anda dan pasangan ke depannya. Melihat pasangan tak cukup dengan perasaan semata, logika juga berperan penting agar Anda dapat melihat karakter pasangan dengan lebih subjektif dan mengetahui jika hubungan mulai terasa ‘toxic’.

3. Selalu mencoba mengerti daripada dimengerti

Alasan selanjutnya kenapa masih terjebak dalam hubungan tidak sehat adalah ketika Anda selalu ingin memahami kemauan pasangan. Anda selalu menerima pasangan apa adanya sekalipun ia memiliki karakter yang tak baik. Padahal dalam berpasangan, sifat memahami harus dimiliki kedua belah pihak. Anda tak cukup mengerti saja, tapi Anda juga harus dimengerti oleh pasangan. Semua yang dilakukan harus adil bagi kedua pihak. Balik lagi, menggunakan logika dapat membantu Anda mengenali kapan hubungan mulai terasa tidak layak.

4. Takut merasa kesepian

Bagi sebagian orang, tetap pada hubungan tidak sehat lebih baik daripada tidak sama sekali. Putus hubungan kerap menjadi momok yang menakutkan dan memilih melanjutkan hubungan toxic. Padahal ini termasuk alasan terburuk, karena Anda sama saja sedang menyakiti diri sendiri. Ada kalanya Anda harus hidup mandiri dan kuat bahkan untuk melanjutkan keseharian tanpa pasangan. Pikirkan tentang diri sendiri, keluarga, bahkan sahabat yang selalu ada membantu dan menemani kapanpun Anda membutuhkan.

5. Takut merasa sedih berkepanjangan

Ada kalanya Anda harus mundur satu langkah untuk maju seribu langkah. Istilah ini nampaknya tepat pada posisi terjebak dalam hubungan tak sehat. Keputusan untuk berpisah memang menjadi pengalaman buruk dan susah dilupakan, namun hal ini dapat menjadi pengalaman agar kedepannya dapat membangun hubungan yang lebih baik. Mau tidak mau kesedihan akan tetap ada dan setiap pilihan yang dibuat pasti ada pengorbanan didalamnya, maka Anda harus tetap siap dengan kesedihan itu daripada terus terbelenggu dalam hubungan yang tidak menyehatkan.