Ketahui Bahan Alami Untuk Membantu Redakan Asma

Ketahui Bahan Alami Untuk Membantu Redakan Asma

Informasi Terkini – Asma merupakan salah satu jenis penyakit gangguan pernapasan yang kerap menimpa seseorang. Pada penderita asma, bagian saluran pernapasan akan lebih sensitif dibandingkan dengan orang pada umumnya. Biasanya penyakit ini ditandai dengan adanya peradangan dan penyempitan saluran napas sehingga penderita asma akan merasa sesak atau sulit bernapas. Selain itu, penderita asma juga mengalami gejala nyeri dada dan batuk-batuk. Penyakit ini tidak mengenal batas usia, mulai dari anak-anak hingga orang-orang berusia lanjut bisa terkena asma.

Biasanya para penderita asma akan mendapatkan penanganan medis dengan mengonsumsi beberapa jenis obat tertentu. Namun, terlalu lama mengkonsumsi obat-obatan memiliki efek samping untuk kesehatan ginjal kita. Karena itu, mengonsumsi obat herbal yang didapatkan dari bahan-bahan alami menjadi alternatif yang dapat dilakukan untuk meredakan asma. Bagi Anda yang menderita penyakit ini, berikut beberapa bahan alami yang bisa membantu redakan asma.

1. Jahe

Jahe merupakan tanaman tradisional yang sudah sering dijadikan sebagai pengobatan herbal untuk mencegah masuk angin dan mengatasi perut kembung. Tanaman ini ternyata juga bisa digunakan untuk meredakan asma, lho! Jahe dapat membantu mengatasi masalah peradangan pada saluran pernapasan karena memiliki efek menghangatkan. Selain itu, jahe juga dipercaya dapat merelaksasi otot, sama halnya seperti kerja obat-obatan asma pada umumnya. Cara memanfaatkan jahe untuk mengatasi asma yakni dengan menumbuk halus beberapa ruas jahe dan menambahkannya dengan madu, kemudian bisa dikunyah langsung. Atau Anda bisa menyeduhnya dengan air hangat, lalu bisa langsung diminum.

2. Bawang

Menurut Dr. Walter Dorsc, bawang memiliki kandungan tiosulfat yang memiliki sifat anti-inflamasi sangat aktif sehingga dapat memberikan efek anti-asma. Kandungan tersebut bekerja dengan cara mengatasi peradangan pada saluran pernapasan. Selain itu, bawang juga mengandung quercetin yang membantu meringankan alergi, dan juga anti-biotik alami yang merangsang organ ekskretoris sehingga membantu meningkatkan kerja paru-paru. Selain mudah didapat, cara menjadikan bawang sebagai obat untuk membantu meredakan asma juga sangat mudah. Cukup dengan memakan bawang mentah, maka efek melegakan saluran pernapasan akan Anda dapatkan.

3. Madu

Madu alami dikenal memiliki khasiat yang luar biasa, mulai dari membantu meningkatkan stamina tubuh hingga mengatasi berbagai macam penyakit, salah satunya adalah asma. Biasanya penderita asma akan sering mengalami batuk-batuk dan terjadi penumpukan lendir pada paru-parunya. Menurut beberapa sumber penelitian, madu dapat membantu untuk mencegah batuk dan mengencerkan lendir yang ada pada paru-paru sehingga dapat dikeluarkan dengan mudah, kemudian saluran pernapasan pun akan lebih lancar. Anda cukup melarutkan beberapa sendok madu murni kedalam segelas air hangat, lalu aduk rata dan minum secara rutin terutama saat menjelang tidur. Sebuah studi dari California bahkan menyebutkan jika mengonsumsi madu secara rutin sebelum tidur, maka resiko batuk yang dapat memicu gejala asma dapat berkurang.

4. Kunyit

Kunyit kaya akan kandungan curcumin yang memiliki manfaat melegakan pernapasan. Menurut turmericforhealth, terdapat penelitian yang menyebutkan jika kandungan ini dapat membantu mengatasi asma bronkial, sedangkan curcumin ternyata lebih baik daripada disodium cromoglycate, obat standar yang sering digunakan dalam pengobatan asma. Selain itu curcumin juga memiliki sifat anti-oksidan tinggi yang berfungsi untuk menurunkan kadar oksida nitrat pada saluran pernapasan saat terjadi asma yang juga dapat menurunkan resiko peradangan. Untuk membuat obat asma alami dari kunyit, Anda cukup mencampurkan seperempat sendok teh bubuk kunyit dan seperempat sendok teh bubuk lada hitam ke segelas dalam air. Kemudian minum ramuan tersebut di pagi hari untuk menghindari masalah gangguan pernapasan.

5. Daun Sirsak

Daun sirsak dipercaya mampu mengobati penyakit asma, karena di dalamnya terdapat berbagai kandungan vitamin, mineral, serta zat-zat lainnya yang dapat berfungsi untuk mengatasi gejala asma seperti, sesak napas, hingga sakit di dada yang membuat sesak. Cara membuat obat asma dari daun sirsak juga tergolong mudah, yaitu dengan merebus 10 lembar daun sirsak tua yang telah dibersihkan dalam air (sekitar tiga gelas air), kemudian tunggu hingga air rebusan mendidih dan berkurang menjadi satu gelas. Setelah itu saring air rebusan air daun sirsak dan dinginkan sebelum meminumnya.