Ketahui Beberapa Cara Tidur Yang Jadi Sinyal Kesehatan Anda Memburuk

Ketahui Beberapa Cara Tidur Yang Jadi Sinyal Kesehatan Anda Memburuk

Informasi Terkini – Tubuh memiliki pekerjaan luar biasa karena dapat menjadi ‘alarm’ ketika organ lain bermasalah. Pekerjaan luar biasa ini juga terjadi saat Anda sedang terlelap. Saat tidur, tubuh tak hanya mengistirahatkan otot, tetapi juga mengalami perbaikan dan detoksifikasi untuk mengeluarkan racun. Bahkan, tidur juga memberi kesempatan bagi sistem kekebalan tubuh untuk memproduksi hormon imunitas. Hal yang paling mengejutkan, saat tidur pun, tubuh bisa memberikan sinyal tentang kesehatan yang menurun. Seperti apa saja sinyal tersebut? Simak penjelasan berikut ini!

1. Mendengkur Terus Menerus

Tidur yang baik terlihat dari kualitas dan kuantitasnya. Sebut saja seperti mendengkur yang bisa jadi pertanda suatu penyakit, seperti sleep apnea bahkan hipertensi. Sleep apnea merupakan gangguan tidur dimana pernapasan bisa saja berhenti selama tidur akibat udara yang tersumbat. Gangguan tidur ini dapat mengurangi oksigen ke otak yang kemudian membuat Anda merasa lelah hingga sakit kepala keesokan harinya. Sleep apnea yang buruk juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

2. Kebiasaan Menggertak Gigi

Dalam medis, kondisi menggeretakkan gigi selama tidur disebut dengan bruxism. Hal ini disebabkan oleh kondisi fisik dan psikis yang berasal dari emosi, stress, kepribadian agresif, efek samping sakit gigi atau sakit telinga, hingga efek samping dari obat. Sinyal yang diberi saat tidur tersebut bisa saja menjadi penyakit serius yang berkaitan dengan kerusakan gigi, rahang, dan juga sakit kepala.

3. Kaki Kram

Apa Anda pernah mengalami kaki kram saat tidur sehingga membuat Anda terbangun karena sangat terasa sakitnya? Tubuh memberi sinyal kaki yang terasa sakit karena ingin memberikan tanda adanya kekurangan elektrolit seperti kalsium atau magnesium, radang sendi, atau permasalahan ortopedi lainnya. Kaki yang kram juga bisa jadi tanda Anda terkena dehidrasi selama tidur ataupun anemia.

4. Tidur Berjalan

Kondisi sleep walking terjadi ketika Anda melakukan aktivitas berjalan atau melakukan kegiatan saat dalam kondisi tidur. Secara umum, kondisi ini tak perlu dikhawatirkan kecuali jika kondisinya memburuk karena disertai oleh sleep apnea. Tidur berjalan akan mempengaruhi kualitas tidur Anda, untuk itu sebaiknya konsultasikan langsung dengan menemui sleep specialist.

5. Batuk Terus Menerus

Batuk berlebih pada malam hari hingga membuat Anda terbangun, bisa jadi pertanda penyakit asma dan jantung. Asma cenderung memburuk pada malam hari dan penyakit jantung bisa saja ditandai dengan batuk. Berbaring terlalu lama membuat cairan mengalir kembali ke paru-paru sehingga seseorang dengan penyakit jantung kemungkinan akan batuk terus menerus. Selain itu, batuk juga menjadi pertanda penyakit asam lambung karena posisi tidur yang horizontal membuat asam perut naik hingga kerongkongan dan menyebabkan iritasi.

6. Susah Tidur

Banyak alasan yang menjadikan susah tidur dialami beberapa orang. Tak hanya kesulitan tidur, terbangun lalu susah untuk kembali tidur atau bangun terlalu pagi juga dapat menjadi alasan adanya gangguan kesehatan. Kali ini, masalah tidur seperti ini kerap dikaitkan dengan gangguan mental seperti depresi atau gangguan kecemasan. Sebaiknya segera konsultasikan hal ini dengan terapis yang terpercaya.