Ketahui Beberapa Kata ‘Ajaib’ Yang Wajib Anda Masukkan Dalam Surat Lamaran

Ketahui Beberapa Kata 'Ajaib' Yang Wajib Anda Masukkan Dalam Surat Lamaran

Informasi Terkini – Sebelum sesi wawancara, satu hal yang bisa merebut perhatian perekrut adalah surat lamaran dan CV yang Anda kirimkan. Karena itu, penjelasan yang tepat mengenai kemampuan serta penempatan kalimat aktif dapat membuka kesempatan Anda untuk melakukan wawancara dan menjelaskan secara langsung ‘nilai jual’ Anda. Yuk, simak di sini apa saja kata dan kalimat ‘ajaib’ di surat lamaran yang mampu mencuri perhatian perusahaan!

1. Kreatif

Calon perusahaan menginginkan karyawan yang inovatif dan memiliki sifat kreatif serta tidak takut mengambil risiko dan mencoba berbagai hal baru demi mencapai gol perusahaan. Hal kreatif apa yang sudah Anda lakukan di perusahaan sebelumnya? Jangan ragu untuk menuliskannya di CV terbaru Anda ya.

2. Mudah Bersosialisasi

Dalam mendeskripsikan kemampuan di dalam surat lamaran, Anda harus menggunakan kalimat yang sifatnya aktif dan sosial seperti ‘mudah bekerjasama’ sembari Anda jelaskan proyek-proyek yang pernah dikerjakan bersama tim sebelumnya. Kemandirian memang penting, tapi perusahaan juga tidak menginginkan karyawan yang terlalu independen dan idealis hingga sulit beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

3. Tepat waktu menyelesaikan pekerjaan

Untuk pekerjaan yang menghadapi deadline secara rutin Anda juga perlu memasukan kelebihan seperti kemampuan dalam menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Namun pastikan hal ini memang benar dan tidak mengada-ada ya, jangan sampai berbagai kelebihan yang dibuat demi menarik perhatian perekrut malah menjadi bomerang saat Anda terjun langsung di lapangan.

4. Mencantumkan hobi yang menarik

Perusahaan senang dengan karyawan yang memiliki kesibukan lain selain pekerjaannya. Itu artinya Anda punya "dunia” lain selain pekerjaan. Lalu hubungannya apa? Pertimbangan ‘hobi’ menjadi nilai plus adalah karyawan tersebut punya ‘rekreasi’ ketika pekerjaan membuatnya stres. Pelampiasan yang sehat seperti hobi akan membuat karyawan bisa kembali dengan rutinitas kerjanya dan ini sesuatu yang dinilai positif bagi perusahaan. Jika ingin memberi nilai lebih, Anda bisa mencamtumkan hobi yang tergolong unik dan tidak mainstream, atau hobi yang memberi efek pada tingkat kecerdasan.

5. Saya bisa bekerja secepatnya

Nah, satu kalimat ini akan membuat perusahaan semakin yakin untuk memanggil Anda ke tahap selanjutnya. Menginformasikan waktu di mana Anda bisa bergabung bisa jadi informasi yang dibutuhkan perusahaan sebagai bahan pertimbangan untuk mempekerjakan Anda. Siap untuk mengirim lamaran dengan ‘kalimat-kalimat’ ajaibmu?