Ketahui Beberapa Kesalahan Yang Perlu Dihindari Saat Menjalani Wawancara Kerja Lanjutan

Ketahui Beberapa Kesalahan Yang Perlu Dihindari Saat Menjalani Wawancara Kerja Lanjutan

Informasi Terkini – Mendapat panggilan wawancara kerja yang kedua? Selamat! Ini tandanya, semakin besar kemungkinan Anda diterima di pekerjaan impian. Perlu Anda ketahui, wawancara kerja lanjutan akan berbeda dari wawancara tahap pertama. Baik itu dari segi pertanyaannya, maupun dari segi poin penilaiannya. Nah, agar hasilnya maksimal, berikut ini adalah kesalahan yang perlu dihindari saat menjalani wawancara kerja lanjutan.

1. Lupa dengan penguji sebelumnya

Dalam proses perekrutan, Anda akan bertemu dengan beberapa orang. Mulai dari yang memanggil, hingga yang menguji Anda selama proses wawancara. Nah, pada tahap ini, pastikan Anda mengingat nama dan wajah dari orang-orang yang sudah pernah ditemui. Ini penting untuk berjaga-jaga bila Anda ditanyai pada wawancara kerja berikutnya atau bila diwawancara oleh penguji sebelumnya. Melupakan siapa saja yang pernah ditemui dapat memberikan kesan pelupa atau kurang tertarik dengan lingkungan Anda.

2. Malas menjawab pertanyaan serupa

Wawancara pekerjaan memang melelahkan, tetapi tahap ini adalah proses yang wajib Anda lalui. Anda mungkin akan bertemu dengan pertanyaan-pertanyaan yang serupa, khususnya bila diuji dengan orang yang berbeda. Meskipun Anda merasa bosan dan kesal dengan pertanyaan yang itu-itu saja, usahakan untuk tetap sabar dan bersikap antusias dalam menjawab setiap pertanyaan yang diajukan.

3. Menanyakan pertanyaan yang negatif atau tidak bertanya apa-apa

Sesi wawancara kerja bukan hanya mempersilahkan penguji untuk bertanya, tetapi Anda pun sebaiknya juga memberikan beberapa pertanyaan. Selain menambah informasi untuk diri sendiri, Anda juga terlihat lebih antusias terhadap pekerjaan dan perusahaan yang Anda lamar. Namun, ingat untuk tetap berhati-hati dalam memilih pertanyaan, ya! Hindari pertanyaan-pertanyaan yang bersifat negatif atau terdengar seperti menjatuhkan perusahaan calon tempat Anda bekerja.

4. Lupa dengan jawaban Anda sebelumnya

Meskipun diwawancara oleh penguji yang berbeda, pastikan Anda memberikan jawaban yang konsisten. Ingat, jawaban dari wawancara tahap sebelumnya sudah tercatat oleh pihak perusahaan. Jika memberikan jawaban yang berbeda-beda, ini akan membuat Anda terlihat tidak konsisten. Bahkan, Anda bisa dikira hanya mengarang-ngarang jawaban saja, lho!

5. Tidak mencari tahu soal perusahaan

Terakhir, jangan lupa untuk mencari tahu lebih lanjut soal perusahaan calon tempat Anda bekerja. Ini akan membuat Anda terlihat lebih serius dan antusias dalam mencari pekerjaan. Dengan mengetahui banyak seputar perusahaan tersebut, Anda bisa tahu sejauh mana kontribusi yang akan diberikan kepada perusahaan. Semakin banyak pengetahuan Anda seputar perusahan tersebut, semakin besar pula kemungkinan Anda diterima.