Ketahui Beberapa Manfaat Kesehatan Tubuh Dan Mental Yang Dapat Anda Rasakan Dengan Melakukan Snorkeling

Ketahui Beberapa Manfaat Kesehatan Tubuh Dan Mental Yang Dapat Anda Rasakan Dengan Melakukan Snorkeling

Informasi Terkini – 1. Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit mematikan yang disebabkan karena penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah. Melakukan snorkeling bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung Anda karena akan meningkatkan denyut jantung, melancarkan peredaran darah serta memperkuat otot jantung. Karenanya, snorkeling dapat mengurangi risiko terhadap penyakit kardiovaskuler, gagal jantung, jantung koroner maupun tekanan darah tinggi. Selain itu kandungan asam sulfat yang ditemukan dalam air laut dapat membantu menjaga metabolisme tubuh termasuk menjaga kesehatan jantung.

2. Menjaga Kesehatan Pernapasan

Salah satu olahraga yang bermanfaat untuk melatih pernapasan adalah berenang. Aktivitas snorkeling dilakukan dengan berenang di permukaan air laut menggunakan beberapa peralatan khusus seperti scuba mask, snorkel dan juga kaki katak. Menurut beberapa penelitian, saat melakukan snorkeling, Anda akan memaksimalkan jumlah oksigen yang masuk ke dalam paru-paru. Selain itu, saat snorkeling Anda secara tidak langsung berlatih untuk mengatur pernapasan dan hal tersebut bisa membantu menjaga kesehatan paru-paru.

3. Melatih Kekuatan Otot di Seluruh Tubuh

Bila olahraga lain hanya membuat Anda melatih otot di bagian tubuh tertentu saja, snorkeling memungkinkan Anda untuk melatih seluruh bagian tubuh seperti paha depan, paha belakang, betis, pergelangan kaki, pinggul, dada, hingga bahu. Air menghasilkan resistensi terhadap tubuh, yang membuat tubuh Anda mengeluarkan kekuatan serta stamina agar bisa bergerak. Dengan melakukan snorkeling, Anda akan memperkuat otot Anda agar tetap bugar dan sehat. Selain itu, Anda juga dapat melenturkan otot di seluruh tubuh, sehingga membuat otot-otot pada tubuh Anda tidak kaku saat melakukan olahraga yang lainnya.

4. Menurunkan Berat Badan

Saat berenang dan melakukan aktivitas snorkeling, secara tidak langsung Anda menggerakkan seluruh bagian tubuh Anda. Walaupun terkesan mudah karena hanya berenang di permukaan saja, Anda juga cukup banyak mengeluarkan tenaga dan mungkin merasa sangat lelah saat snorkeling untuk pertama kali. Berenang dan melakukan snorkeling dapat membantu Anda menurunkan berat badan serta mencegah obesitas. Layaknya fitness, snorkeling dapat bekerja untuk menjaga bentuk tubuh Anda di bagian paha, betis, perut dan juga lengan. Melakukan snorkeling selama satu jam akan mampu membantu membakar sebanyak 300 kalori.

5. Menghilangkan Stress

Rutin melakukan olahraga memang telah terbukti tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh secara fisik, tetapi juga bermanfaat untuk menjaga kondisi mental. Secara keseluruhan semua jenis olahraga sama baiknya dan bisa memberi efek bahagia pada tubuh berkat hormon endorphine yang efektif mengurangi stres. Snorkeling sangat erat kaitannya dengan olahraga renang, yang secara tidak langsung juga akan membantu Anda menghilangkan stres. Selain itu, saat snorkeling Anda bisa menikmati pemandangan bawah laut dan terumbu karang yang indah, hal tersebut tentu saja bisa membantu Anda melepaskan kepenatan dan menenangkan pikiran.