Ketahui Beberapa Manfaat Luar Biasa Dari Mengucapkan Terima Kasih Yang Bisa Anda Rasakan

Ketahui Beberapa Manfaat Luar Biasa Dari Mengucapkan Terima Kasih Yang Bisa Anda Rasakan

Informasi Terkini – Di kehidupan sehari-hari, Anda pasti sudah sering mengucapkan atau menerima ucapan terima kasih. Nah, meskipun tergolong hal yang sederhana, ternyata mengucapkan terima kasih memiliki banyak manfaat untuk diri kita, lho! Manfaatnya pun tergolong beragam, mulai dari memengaruhi kesehatan tubuh hingga kesehatan mental. Penasaran apa saja efek baik dari tindakan sederhana ini? Berikut 5 manfaat mengucapkan terima kasih yang bisa Anda rasakan.

1. Tidur lebih nyenyak

Siapa sangka? Ternyata mengucapkan terima kasih bisa membuat tidur lebih nyenyak! Pernyataan ini dikeluarkan berdasarkan jurnal penelitian yang diterbitkan oleh Applied Psychology. Penelitian dilakukan terhadap sebuah kelompok siswa yang mengalami masalah tidur. Sebelum waktu tidur, mereka diminta untuk menuliskan gratitude journal selama 15 menit per hari, secara rutin. Setelah melakukan kebiasaan ini selama seminggu penuh, para siswa pun merasakan pikiran yang lebih tenang dan kualitas tidur yang meningkat.

2. Meningkatkan produktivitas

Ucapan rasa terima kasih merupakan bentuk penghargaan paling sederhana yang bisa diterima atas hasil kerja keras Anda. Saat Anda menerima ucapan terima kasih, pasti akan timbul rasa lebih dihargai dan semakin terpacu untuk mengerjakan pekerjaan dengan lebih baik, bukan? Inilah yang membuat mengucapkan terima kasih akan membuat Anda menjadi lebih produktif. Psst, tak hanya dari orang lain saja, ucapan terima kasih untuk diri sendiri juga bisa membuat Anda lebih produktif, lho!

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan oleh University of California, berterima kasih akan hal-hal yang terjadi setiap hari akan menurunkan peradangan pada jantung Anda, sekaligus memperbaiki ritmenya. Pada peneliti melakukan studi ini pada sekelompok orang dewasa yang memiliki masalah dengan kesehatan jantungnya. Kemudian, sebagian dari mereka diminta untuk membuat grattitude journal dan mengisinya secara rutin. Setelah dua bulan lamanya, kelompok yang memiliki grattitude journal mengalami kesehatan yang membaik.

4. Mempererat hubungan

Mengucapkan terima kasih juga dapat membuat ikatan Anda lebih kuat, baik itu dengan keluarga, pasangan, maupun teman. Saat menunjukkan rasa terima kasih terhadap orang lain, rasa empati dalam diri Anda akan meningkat dan menurunkan emosi negatif dalam diri Anda. Kesehatan emosional Anda juga akan membaik secara keseluruhan.

5. Lebih bahagia

Tak hanya membuat orang lain bahagia, mengucapkan terima kasih juga bisa membuat diri sendiri bahagia. Hal ini sudah dibuktikan oleh penelitian terhadap 400 orang yang dilakukan oleh Seligman. Beliau memberikan enam tugas berbeda kepada 400 orang di mana salah satu tugasnya adalah berterima kasih. Mereka ditanya apakah ada kehadiran seseorang yang mereka syukuri, tetapi belum sempat mereka ucapkan terima kasih. Kemudian, mereka diminta untuk menulis dan menyampaikan thank-you letter secara langsung pada orang tersebut. Hasilnya, orang-orang yang mendapat tugas berterima kasih mengalami tingkat kebahagiaan yang meningkat, bahkan hingga satu bulan setelahnya.