Ketahui Beberapa Olahraga Ringan Untuk Meningkatkan Dan Menjaga Kesehatan Jantung

Ketahui Beberapa Olahraga Ringan Untuk Meningkatkan Dan Menjaga Kesehatan Jantung

Informasi Terkini – Jantung merupakan salah satu organ tubuh manusia yang paling vital. Jantung memiliki tugas untuk memompa dan menyalurkan darah ke seluruh organ dan jaringan tubuh lainnya. Karena fungsinya begitu penting untuk kehidupan manusia, sudah sepatutnya jika sejak dini kita berusaha menjaga kesehatan jantung. Selain menjaga pola makan dan gaya hidup, olahraga secara teratur juga bermanfaat untuk tetap menjaga jantung tetap sehat dan kuat. Memang semua jenis olahraga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, namun ada beberapa olahraga ringan yang bermanfaat untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan jantung, contohnya seperti lima olahraga berikut ini.

1. Senam Jantung

Sesuai dengan namanya, jenis senam satu ini memang lebih memfokuskan setiap gerakannya untuk menjaga dan meningkatkan performa jantung. Tak hanya itu saja, senam jantung juga memiliki manfaat untuk menormalkan denyut nadi hingga memperlancar aliran darah di seluruh tubuh. Olahraga ini juga dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah akibat lemak dan kolesterol, serta memperbaiki metabolisme tubuh. Untuk hasil yang optimal dianjurkan untuk melakukan senam jantung setidaknya selama 30 menit setiap hari agar kebutuhan oksigen ke jantung terpenuhi dengan baik.

2. Berenang

Menurut dr. Leonardo Paskah Suciadi, SpJP yang merupakan seorang spesialis jantung dan pembuluh darah, berenang memiliki manfaat yang besar untuk menunjang kebugaran jantung dan pembuluh darah. Jenis olahraga air ini tidak hanya melatih dan memperkuat otot-otot tubuh saja, namun juga otot jantung sehingga kinerja jantung untuk memompa darah dapat bekerja lebih optimal. Selain itu, karena bisa membuat rileks, berenang juga memiliki manfaat untuk menurunkan detak jantung dan tekanan darah.

3. Jogging

Berlari santai atau jogging merupakan salah satu olahraga yang sederhana, murah, dan mudah dilakukan. Walau begitu, jogging memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh, termasuk jantung. Dengan berlari santai secara rutin minimal 30 menit setiap harinya, olahraga ini dapat merangsang aliran darah di dalam tubuh sehingga sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Jika aliran darah lancar, maka kinerja jantung tidak akan terbebani dan ritme jantung juga akan tetap normal.

4. Bersepeda

Selain berenang, bersepeda merupakan salah satu olahraga yang menyenangkan. Tak hanya menyenangkan, nyatanya olahraga ini juga baik untuk kesehatan jantung Anda lho! Selain bisa menjaga kesehatan jantung, rutin bersepeda selama 30 menit – 60 menit sehari juga dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung akibat stres dan juga memperkuat kinerja otot jantung. Hal ini dikarenakan saat mengayuh sepeda maka seluruh otot tubuh akan turut bekerja, termasuk otot jantung.

5. Yoga

Saat melakukan yoga, kita akan melakukan tiga macam teknik, yakni peregangan, pernapasan, dan relaksasi. Semua teknik tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Melakukan yoga secara teratur dipercaya dapat membantu mengurangi stres yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. Selain itu, yoga juga dipercaya dapat menurunkan dan menjaga tekanan darah sehingga risiko terkena penyakit atau serangan jantung pun akan menurun.