Ketahui Beberapa Perubahan Kulit Yang Terjadi Di Usia 30-an Dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Ketahui Beberapa Perubahan Kulit Yang Terjadi Di Usia 30-an Dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Informasi Terkini – 1. Rentan terlihat kusam

Di usia 30-an siklus pergantian kulit terlihat dalam 28-35 hari, padahal di usia lebih muda siklus ini hanya berjalan selama 14 hari. Karena itu, sel-sel kulit mati yang bercampur dengan kotoran, polusi, dan zat berbahaya akan menumpuk lebih lama di lapisan kulit. Kondisi ini akan menunjukkan perubahan yang drastis karena kulit akan mudah terlihat kusam dalam waktu yang lebih lama. Menurut dr. Joshua Zeichner seperti yang dilansir melalui SELF, mengingat siklus pergantian kulit di usia 30-an memakan waktu lama maka Anda dapat membantu kulit dengan melakukan eksfoliasi dua kali seminggu. Selanjutnya Joshua menambahkan jika eksfoliasi bukan sekadar mengembalikan kecerahan pada kulit, tapi juga membuatnya lebih efektif dalam menyerap produk skin care.

2. Munculnya garis-garis halus di beberapa area

Selain kulit yang kusam, kerutan atau garis-garis halus juga menjadi momok bagi Anda yang sudah ataupun akan menginjak usia 30-an. Perubahan kulit yang terjadi di fase ini muncul akibat proses penuaan yang tidak bisa dihindari. Umumnya garis-garis halus muncul di sekitar dahi dan mata. Menurut dr. David Greuner, M.D, transisi kulit seperti ini bisa dipicu oleh beragam kebiasaan buruk terhadap kulit yang dilakukan di usia 20-an. Kebiasaan itu seperti tidak membersihkan muka dengan benar sebelum tidur atau saat lupa menggunakan sunscreen. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan seperti ini adalah dengan mulai menggunakan eye creamdan meningkatkan pola hidup yang lebih sehat.

3. Kulit terasa kering

Kondisi seperti ini merupakan dampak buruk dari melambatnya siklus pergantian kulit. Pada situasi seperti ini lapisan kulit terluar telah sulit untuk memproduksi pelembap alami. Selain itu, dr. Melissa Kanchanapoomi Levin, M.D. menuturkan bahwa di fase ini, produksi faktor pelembap alami wajah seperti asam hyaluronik akan berkurang dan lebih mudah untuk hancur. Karena itu ia menyarankan untuk senantiasa memanjakan kulit dengan pelembap dalam jumlah banyak. Untuk mengatasi permasalahan kulit yang cenderung kering ini, dr. Levin juga menyebutkan penggunaan bahan aktif untuk eksfoliasi seperti alpha hydroxy aciddan dilanjutkan dengan pelembap yang banyak mengandung ceramide dan asam lemak untuk mengembalikan skin barrier.

4. Perubahan tekstur dan bentuk

Apakah Anda merasa adanya perubahan kulit di area tertentu seperti rahang? Itu adalah tanda bahwa Anda telah mulai kehilangan kolagen dan elastin, dua bentuk protein yang diproduksi oleh tubuh. Saat menginjak usia 30-an, produksi kolagen dan elastin akan menurun drastis secara alami. Mereka lah yang bertanggung jawab atas kekencangan kulit Anda. Kehilangan keduanya pada waktu bersamaan secara otomatis akan membuat kulit terasa kendur dan tak lagi terasa kenyal. Kondisi ini dapat diperbaiki dengan menggunakan produk yang mengandung retinol. Pada tahap sel, retinoid bekerja untuk meningkatkan produksi kolagen, menurunkan resiko kolagen yang hancur, dan menormalisasikan siklus pergantian kulit.