Ketahui Beberapa Plus Minus Bekerja Dengan Konsep Coworking Space

Ketahui Beberapa Plus Minus Bekerja Dengan Konsep Coworking Space

Informasi Terkini – Belakangan tren kantor ataupun ruang kerja dengan konsep coworking space mulai banyak ditemui, terutama di area perkantoran yang berada di pusat kota. Umumnya, perusahaan yang memilih coworking space sebagai area kerja adalah jenis startup ataupun perusahaan yang didominasi karyawan millennial.

Konsep coworking space ini menjadi pilihan beberapa perusahaan karena perusahaan dapat menghemat biaya operasional seperti pengadaan komputer dan perawatannya. Lantas, untuk karyawan sendiri bagaimana pengaruhnya terhadap kinerja? Apakah selalu positif atau memiliki dampak negatif tertentu?

1. Ruang terbuka memudahkan komunikasi

Coworking space memang memberikan kemudahan dalam hal komunikasi. Apalagi ruang kerja tanpa kubikel seolah memberikan batasan antar karyawan untuk berdialog. Bahkan dengan konsep ruang kantor seperti ini meeting juga bisa dilakukan di meja karyawan tanpa harus pindah lokasi ke ruang meeting.

2. Tapi jadi minim privasi

Memiliki konsep ruang kerja terbuka, pastinya akan sulit untuk Anda mendapatkan privasi. Misalnya ketika Anda berkirim pesan menggunakan aplikasi chatting, menulis email maupun meninggalkan pesan di media sosial lain. Selain itu aktivitas para pekerja lain yang lebih ramai tak jarang bisa menyulitkan Anda untuk berkonsentrasi dalam bekerja.

3. Tidak terlihat batasan jenjang posisi

Bekerja di ruang terbuka membuat hierarki antar karyawan, seakan tidak berjarak. Karena kantor konvensial yang menerapkan kubikal umumnya menempatkan posisi tinggi pada area tersendiri dan tertutup. Sedangkan area kerja coworking space memiliki tampilan terbuka yang menggabungkan berbagai posisi dalam satu ruangan sehingga suasana kerja terasa lebih ‘akrab’. Dari situasi ini pula, para pemilik perusahaan bisa mengenal karyawannya dengan lebih baik, begitu juga sebaliknya.

4. Perangkat pekerjaan ‘dibebankan’ ke karyawan

Sayangnya tidak semua sistem kerja coworking space terus memberikan nilai plus, karena terkadang ada kebijakan perusahaan yang mengharuskan karyawan membawa alat kerja atau laptop sendiri. Meski tidak semua, dan umumnya hanya terjadi pada perusahaan skala kecil yang menyewa ruangan coworking space selama beberapa bulan, tetap saja bagi sebagian orang hal ini mungkin akan terasa menyulitkan.

5. Desain simpel dan kasual meningkatkan produktivitas kerja

Kalau poin ini bisa jadi plus dan minus sih, buat orang yang menyenangi desain ruang kerja yang simpel, konsep ruang kerja coworking space bisa jadi sesuatu yang meningkatkan mood kerja. Namun untuk Anda yang menyukai ruangan konvensional, bisa jadi coworking space tampak terlalu santai sehingga membuat pikiran sulit berkonsentrasi. Hmm, bagaimana dengan Anda sendiri, ladies?