Ketahui Berbagai Jenis Sunscreen Agar Cocok Dengan Kulitmu

Setelah memakai rangkaian produk skincare, di tahap akhir kita diwajibkan untuk selalu menggunakan sunscreen. Hal ini penting sekali karena sunscreen berfungsi sebagai proteksi kulit dari paparan sinar matahari. Namun, faktanya banyak orang masih melewatkan tahap ini dan hanya memakainya saat berenang atau ke pantai. Padahal penggunaan sunscreen itu harus menjadi kebiasaan sehari-hari karena pastinya setiap orang selalu terkena matahari. Bahkan dalam ruangan pun, sinar matahari masih bisa masuk dan merusak kulit. Maka dari itu, sunscreen sangat berperan untuk merawat kulit.

Umumnya, sunscreen memang bermanfaat untuk mencegah kulit dari paparan sinar matahari secara langsung. Namun, di pasaran saat ini banyak sekali produk sunscreen yang tak hanya memiliki manfaat tersebut. Ada yang bisa sekaligus melembapkan kulit hingga menyamarkan noda hitam.

Penting juga bagi kamu untuk mengetahui jenis-jenis sunscreen agar tidak salah beli. Berikut ini ulasannya.

Berdasarkan tekstur

Masing-masing produk sunscreen umumnya memiliki tekstur yang berbeda. Hal ini penting diketahui karena memilih sunscreen dengan tekstur yang tepat akan membantumu menemukan produk yang cocok. Bagi kulit berminyak disarankan menggunakan tekstur gel, sedangkan kulit kering menggunakan tekstur yang krim. Jika memiliki kulit normal, kamu bisa menggunakan tekstur lotion.

Berdasarkan Cara Kerja

Chemical : Sunscreen ini bekerja dengan cara menyerap sinar UVA dan UVB lalu mengubahnya menjadi panas. Umumnya teksturnya lembut, mudah meresap, dan tidak meninggalkan bercak putih. Sayangnya, jenis ini hanya cocok untuk kulit normal dan kering. Produk ini tidak cocok untuk kulit sensitif dan bermasalah, karena cara ini dapat memperburuk kondisi sebum atau minyak alami di kulit.
Physical : Sunscreen ini bekerja dengan cara memantulkan sinar UVA UVB agar tidak masuk ke dalam kulit. Biasanya produk ini juga disebut dengan sun blocking. Selain itu, sunscreen fisik ini teksturnya lebih tebal karena sebagai berperan sebagai lapisan di atas kulit dan terkadang menimbulkan becak putih. Produk ini pun cocok digunakan untuk kulit sensitif maupun bermasalah.

Setelah mengetahui jenis-jenis sunscreen, selalu perhatian perawatan kulit dengan memakainya 15 menit sebelum terkena matahari secara langsung.