Ketahui Cara Mengembalikan Rasa Percaya Diri Pada Masa Pospartum

Ketahui Cara Mengembalikan Rasa Percaya Diri Pada Masa Pospartum

Informasi Terkini – Menjadi seorang ibu merupakan pengalaman tak terlupakan dan kerap kali mengubah hidup seorang wanita. Perubahan ini menyentuh segala aspek, baik psikis, karier, hingga perubahan fisik yang dapat berubah drastis. Tak semua ibu dapat beradaptasi dengan ragam perubahan yang terjadi sejak awal kehamilan hingga masa setelah melahirkan (pospartum). Hal ini membuat kemungkinan untuk mengalami depresi pada masa pospartum lebih besar.

Eratnya isu ini dengan aspek psikologis seorang wanita membuat Anda harus lebih waspada dan mempersiapkan diri baik sebelum, saat, hingga sesudah masa kehamilan. Lantas mengapa ketidakpercayaan diri seorang ibu muncul pasca melahirkan dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simakpenjelasan berikut.

1. Penyebab hilangnya kepercayaan diri saat pospartum

Melonjaknya berat badan pada masa kehamilan merupakan hal yang wajar karena Anda membawa bayi yang terus bertumbuh di dalam rahim dan membutuhkan asupan gizi yang cukup. Namun, kondisi tubuh tidak akan secara otomatis kembali ke masa-masa sebelum kehamilan. Tak hanya bentuk tubuh yang memerlukan proses adaptasi pada masa pospartum, kontraksi yang berkelanjutan pada uterus saat ia kembali menyusut ke area panggul, keinginan untuk buang air kecil terus menerus akibat proses pengeluaran cairan yang menambah pada aliran darah saat kehamilan, perubahan hormon, hingga hal sesederhana kurang tidur adalah beberapa di antara sekian banyak perubahan fisik yang dapat memengaruhi ibu di masa pospartum.

2. Cara mengatasi rasa tidak percaya diri saat pospartum

Ada berbagai macam cara yang dapat Anda lakukan saat melawan depresi pada masa pospartum. Semua dapat disesuaikan dengan hobi dan hal-hal yang Anda sukai. Namun, hal yang pertama harus dilakukan adalah meneguhkan niat untuk kembali merasa percaya diri. Anda dapat mulai dengan hal sesederhana melakukan peregangan ringan sesaat setelah bangun tidur dan menghirup udara segar sambil berjalan-jalan selama 15 menit.

Jika Anda memiliki penampilan yang disukai, coba juga untuk memodifikasi look tersebut agar cocok dengan bentuk tubuh yang sekarang. Tidak ada salahnya menggunakan tinted moisturizer atau BB cream untuk memudarkan tanda-tanda kurang tidur dari wajah Anda. Fokuslah pada fitur terbaik di tubuh dan tonjolkan hal tersebut dengan riasan. Menggunakan makeup dapat memberi dorongan semangat untuk menjalani hari. Anda bahkan bisa langsung pergi keluar untuk mencari komunitas ibu di kota tempat tinggal. Beri kesempatan pada diri sendiri untuk bergaul dengan mereka. Dukungan dari wanita yang memiliki kesamaan dengan Anda dapat cukup membantu mengembalikan gairah hidup yang mulai pudar.

Selain itu, biarkan pasangan membantu Anda mengurus si kecil. Beri mereka waktu khusus 1-2 kali dalam seminggu untuk menghabiskan waktu berdua sembari Anda pergi ke spa, bertemu dengan kawan lama, atau sekadar berbelanja dan menonton film yang baru saja rilis di bioskop. Tubuh yang bugar muncul dari pikiran yang seimbang. Karena itu, Anda tidak hanya harus fokus pada aspek asupan gizi dan olahraga, namun juga hal-hal yang dapat memberikan kesenangan sesederhana apapun itu.

3. Pandangan mereka yang telah menemukan rasa percaya diri pasca pospartum

Bagi Alena Couzet, seorang ibu dari Australia yang membagikan kisahnya di masa pospartum pada sebuah artikel mengungkapkan bahwa apa yang ia lakukan untuk mengatasi rasa percaya dirinya yang hilang di masa pospartum dapat berjalan baik karena keinginannya yang kuat untuk keluar dari kondisi buruk. Tak hanya itu, ia menyadari bahwa mengalami depresi pada masa pospartum akan membawa dampak buruk bagi dua orang terdekatnya, si kecil dan pasangannya.

Karena itulah ia melakukan berbagai kegiatan dan pada gilirannya ia merasakan perubahan positif terjadi tak hanya pada bentuk tubuhnya, namun juga pada keharmonisan rumah tangganya. Ia kembali mencintai tubuhnya, lebih bahagia dalam membesarkan anak, dan kembali rekat dengan suaminya.