Ketahui Ciri-Ciri Tubuh Dehidrasi Yang Perlu Anda Waspadai

Ketahui Ciri-Ciri Tubuh Dehidrasi Yang Perlu Anda Waspadai

Informasi Terkini – Apa Anda termasuk orang yang malas minum air putih? Hati-hati, jangan sampai terkena dehidrasi! Dehidrasi adalah kondisi tubuh yang tidak memiliki jumlah air yang cukup untuk memenuhi aktivitas sehari-hari. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi, mulai dari muntah dan diare, kurangnya konsumsi cairan, hingga elektrolit yang tidak seimbang. Dehidrasi dapat menyerang siapa pun dan dapat sangat berbahaya, khususnya bagi anak-anak dan orang lanjut usia. Sebelum terlambat, segera tangani apabila Anda mengalami ciri-ciri tubuh dehidrasi berikut ini.

1. Konstipasi

Konstipasi, atau dikenal juga dengan sembelit, adalah kondisi tubuh yang sulit untuk buang air besar secara tuntas dan teratur. Normalnya, seseorang perlu buang air besar sebanyak 3 kali dalam seminggu. Jika kurang dari itu, tandanya Anda kemungkinan mengalami konstipasi. Selain akibat kurang minum, konstipasi juga dapat disebabkan oleh kurangnya konsumsi serat, efek samping obat-obatan, serta gangguan mental. Untuk mengatasi kondisi ini, Anda perlu meningkatkan konsumsi serat, rajin minum air putih, dan rutin berolahraga.

2. Kulit Terasa Kering

Kurangnya cairan pada tubuh juga dapat berpengaruh terhadap kulit tubuh. Coba perhatikan kulit tubuh Anda, apa terlihat pecah-pecah, kusam, dan kering sepanjang waktu? Jika iya, sudah waktunya Anda minum air putih yang banyak! Selain terlihat secara penampilan, Anda dapat melakukan tes pada kulit untuk mengetahui apakah tubuh Anda mengalami dehidrasi atau tidak. Caranya adalah dengan mencubit kulit pada punggung tangan. Jika kulit tidak segera kembali ke posisi semula, kemungkinan besar Anda mengalami dehidrasi.

3. Tubuh Terasa Lemas

Sering merasa lelah meskipun sudah beristirahat dengan cukup? Itu dapat menjadi ciri-ciri tubuh dehidrasi. Apa pun bentuknya, cairan tubuh yang sudah dikeluarkan harus segera diganti agar darah menjadi encer dan dapat mengalir dengan mudah. Saat tubuh mengalami dehidrasi, cairan tubuh yang hilang akan menyebabkan volume darah menurun. Akibatnya, kerja jantung untuk mendorong oksigen dan nutrisi menuju aliran darah menjadi lebih berat. Tubuh yang terasa lemas akibat dehidrasi seringkali berujung dengan sakit kepala sebelah.

4. Mulut Kering dan Bau Napas

Mulut kering dan napas yang bau juga dapat menjadi ciri-ciri tubuh dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan produksi air liur pada tubuh menjadi berkurang. Akibatnya, mulut pun akan terasa kering. Selain itu, Anda juga akan mengalami kondisi napas menjadi berbau tidak sedap. Air liur memiliki kandungan anti-bakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut. Jika produksi air liur berkurang, bakteri pada mulut dapat berkembang secara berlebihan.

5. Kram Otot

Sebenarnya, ada banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya kram otot. Namun, jika Anda mengalami kram otot khususnya saat cuaca panas, dehidrasi dapat menjadi salah satu penyebabnya. Berolahraga dan berkeringat tanpa diikuti dengan konsumsi air putih yang cukup dapat membawa bencana bagi tubuh. Darah akan mengental dan menjadi sulit untuk mengalir dengan lancar. Pergerakan darah yang pelan dapat terlambat sampai pada otot dan menyebabkan keram otot. Jangan lupa untuk menjaga hidrasi tubuh dengan baik sebelum berolahraga, ya!