Ketahui Dampak Buruk Mengeringkan Pakaian Dalam Ruangan Untuk Kesehatan Anda

Ketahui Dampak Buruk Mengeringkan Pakaian Dalam Ruangan Untuk Kesehatan Anda

Informasi Terkini – Bagi Anda yang selalu mencuci pakaian sendiri, pasti tahu bagaimana rasanya saat tiba di rumah dan menemukan bahwa cucian yang dijemur tadi pagi kembali basah akibat kehujanan. Mengesalkan sekali, bukan? Untuk menghindari hal tersebut, banyak orang yang memilih untuk menjemur pakaian di dalam ruangan. Sayangnya, kebiasaan tersebut justru dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Berikut adalah dampak buruk bila Anda mengeringkan pakaian di dalam ruangan, bagi kesehatan Anda, Yuk, simak artikel berikut.

1. Masalah Pernapasan

Mengeringkan pakaian dalam ruangan dapat berbahaya bagi seseorang yang memiliki sistem imun lemah atau menderita asma. Pakaian dalam konsisi basah akan menyebabkan meningkatnya kelembapan udara sebesar 30%. Kondisi ini dapat menjadi kondisi ideal bagi spora aspergillus fumigates berkembang biak dan meningkatkan risiko terjadinya infeksi pada paru-paru dan timbulnya gejala asma. Selain penderita asma, manula, bayi, dan anak-anak penderita eksim juga perlu lebih berhati-hati.

2. Memicu Reaksi Alergi

Pakaian atau kain yang berada dalam kondisi lembap dapat menjadi sarang yang ideal bagi tungau dan hewan kecil lainnya. Bagi seseorang yang yang memiliki alergi tungau, kondisi ini dapat memicu reaksi alergi, mulai dari yang ringan hingga yang berat. Beberapa reaksi dari alergi ringan, antara lain bersin-bersin, hidung meler, dan mata berair. Pada kasus alergi yang parah, reaksinya dapat berupa serangan asma, batuk-batuk, dan sesak napas.

3. Meningkatkan Risiko Kanker

Bahaya lainnya dari kebiasaan mengeringkan pakaian dalam ruangan adalah meningkatnya risiko kanker. Hal ini disebabkan oleh tersebarnya bahan kimia yang terdapat pada kain, seperti acetaldehydes, di udara rumah. Bahan kimia ini dapat terhirup tubuh dan menyebabkan masalah kesehatan

Setelah mengatahui dampak-dampak buruk dari kebiasaan mengeringkan pakaian dalam ruangan, Anda sebaiknya segera menghentikan kebiasaan ini, ya! Nah, agar dampak buruknya tidak berlangsung semakin parah, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, yaitu membuka jendela untuk membiarkan udara segar masuk, berinvestasi dengan membeli dehumidifier, atau dengan memasang extractor fan kit.