Ketahui Fakta Tentang Silikon Dalam Produk Kecantikan

Ketahui Fakta Tentang Silikon Dalam Produk Kecantikan

Informasi Terkini – Nama silikon tentu sudah tidak asing terdengar di telinga Anda. Apalagi, di awal tahun 2017, sponge berbahan silikon alias silisponge sempat membuat heboh dunia kecantikan. Ada juga tren kecantikan yang menggadangkan penggunaan produk bebas silikon, paraben, dan beberapa bahan lainnya. Jadi, sebenarnya silikon itu apa sih? Silikon (Silicone) adalah artificial polymer, yaitu bahan kimia buatan manusia yang dibuat dari silicon, carbon, hydrogen, dan oxygen. Sedangkan, silicon sendiri adalah mineral alami yang sangat mudah ditemukan, serta biasanya digunakan untuk membuat computer chips maupun perlengkapan komputer lainnya (ini, lho, asal nama Silicon Valley!). Setelah memahami perbedaan silicone dan silicon, yuk, pelajari lebih lanjut mengenai penggunaan silicone dalam industri kecantikan dalam 5 fakta berikut!

1. Silikon Adalah Rahasia Di Balik Tampilan Kulit yang Flawless

Silikon kerap digunakan dalam produk perawatan kulit maupun kosmetik karena memiliki substansi yang membuat formulasi produk semakin lembut, sehingga mudah untuk dibaurkan. Apalagi, silikon juga dapat mengisi celah maupun kerak-kerak, termasuk keriput pada kulit dan membentuk lapisan segel di atas kulit sehingga menghasilkan tampilan kulit yang lembut, halus, velvety, dan flawless. Silikon juga bersifat water-resistant, sehingga ‘lapisan’ yang terbentuk oleh silikon akan mengunci kelembapan kulit atau rambut, memperkuat ketahanan warna makeup, dan mencegah riasan luntur karena keringat.

2. Silikon Ada Di Mana-Mana!

Nah, karena kemampuan silikon untuk membuat kulit terasa halus, tekstur produk yang lebih nyaman untuk dioleskan, serta membuat sunscreen sanggup menahan air dan keringat, silikon pun sangat sering digunakan dalam produk perawatan kulit maupun kosmetik. Nah, kandungan silikon dapat Anda temukan pada sampo, conditioner, moisturizer, sunscreen, eyeshadow, blush on, bronzer, krim, eye cream, hand & body lotion, produk anti-aging, sabun mandi, deodoran, cat rambut, produk styling rambut, hingga shaving lotion. Wah! Ternyata banyak sekali ya produk-produk yang mengandung silikon. Namun, jika melihat ingredients list, mungkin Anda hampir tidak akan menemukan nama silikon di situ, karena…

3. Silikon Sering Bersembunyi Di Balik Nama-Nama Lain

Nah, inilah yang menjadi alasan Anda mungkin tidak menyadari kalau produk yang Anda gunakan mengandung silikon. Namun, ada cara mudah kok untuk mengecek keberadaan silicone dalam produk. Umumnya, kandungan silikon akan memiliki nama bahan dengan akhiran –cone. Contohnya Dimethicone, Methicone, Trimethicone, Cyclomethicone, Amodimethicone, Trimethylsilylamodimethicone. Selanjutnya, Anda juga bisa mengecek nama bahan dengan akhiran –siloxane, seperti Cyclopentasiloxane atau Polydimethylsiloxane. Nah, selain nama bahan dengan kedua akhiran diatas, Anda juga bisa mengecek beberapa nama lainnya, seperti Dimethiconol, C10-30 Alkyl acrylate crosspolymer, VP / VA Copolymer, Polybutene, serta Polyisobutene. Hmm, agak memusingkan memang, namun ada baiknya Anda tetap mengecek terlebih dahulu. Terutama jika Anda memiliki kulit yang cukup sensitif.

4. Selain Mengunci Kelembapan, Silikon Juga Bisa Memerangkap Kotoran Pada Kulit!

Salah satu keunggulan silikon adalah kemampuannya untuk membentuk lapisan yang akan mengunci kelembapan kulit. Namun, perlu Anda ketahui bahwa lapisan ini pun dapat mengunci kotoran, keringat, sebum, serta sel kulit mati di bawahnya. Hal ini tentu dapat menyebabkan masalah, mulai dari pori-pori yang tersumbat, hingga jerawat. Karenanya, pastikan kulit Anda berada dalam keadaan bersih sebelum menggunakan produk berbahan silikon. Setelahnya pun pastikan Anda membersihkan produk bersilikon dari wajah Anda hingga benar-benar bersih. Hal ini untuk mencegah adanya sisa silikon di atas kulit yang dapat terakumulasi dan menyumbat pori-pori, atau menghalangi proses penyerapan produk skincare Anda berikutnya secara maksimal.

5. Tren Perawatan Kulit dan Kosmetik bebas Bahan Kimia

Seiring berjalannya waktu, kesadaran masyarakat akan kesehatan semakin meningkat. Termasuk juga kesadaran para perempuan akan kandungan produk yang ia gunakan. Kini mulai banyak brand yang menggadangkan produk organik, natural, bebas paraben, dan lain-lain. Nah, hal ini tentu akan memudahkan Anda memiliki kulit yang sensitif atau ingin mengurangi pemakaian produk dengan kandungan silikon.