Ketahui Hal Yang Bisa Terjadi Pada Tubuh Jika Melakukan Diet Karbo Secara Berlebihan!

Ketahui Hal Yang Bisa Terjadi Pada Tubuh Jika Melakukan Diet Karbo Secara Berlebihan!

Informasi Terkini – Diet karbo dipercaya sebagai salah satu cara paling efektif untuk menurunkan berat badan. Dengan mengurangi konsumsi karbohidrat, lemak tubuh akan berkurang karena digunakan oleh tubuh sebagai sumber energi. Namun, melakukan diet karbo ternyata tak semudah yang sering dibayangkan. Terlebih lagi, diet ini juga memiliki konsekuensi yang bisa mengganggu kesehatan dan aktivitas Anda. Apa saja sih resikonya?

Lalu, bagaimana cara diet yang tepat? Untuk menurunkan berat badan, dokter menyarankan untuk menukar karbohidrat sederhana favorit Anda dengan karbohidrat kompleks seperti sereal utuh, beras merah, atau pun oatmeal. Tapi sebenarnya apa sih yang akan terjadi pada tubuh begitu Anda mengurangi konsumsi karbohidrat? Berikut ini ulasannya!

1. Tubuh Jadi Lemas

Karbohidrat merupakan sumber energi paling cepat yang bisa didapatkan oleh tubuh, sehingga tubuh pun memerlukan waktu untuk mencari sumber energi lain, termasuk lemak. Dengan tiba-tiba menghentikan konsumsi karbohidrat, Anda akan merasakan tubuh menjadi lebih lemah dan lemas. Oleh sebab itu, kurangilah karbohidrat secara perlahan untuk memberi bagi waktu bagi tubuh agar bisa beradaptasi terlebih dahulu.

2. Kinerja Otak Menurun

Tak hanya tubuh yang lemas, otak pun juga menerima akibatnya ketika Anda menghindari konsumsi karbohidrat. Kinerja otak dan mental akan menurun, sehingga dapat membuat Anda mengalami kesulitan untuk fokus. Tentu saja hal ini sangat mengganggu aktivitas Anda sepanjang hari, baik itu ketika bekerja maupun mengerjakan pekerjaan rumah tangga dan kegiatan lainnya.

3. Risiko Osteoporosis

Kurang asupan karbohidrat dalam jangka panjang juga dapat meningkatkan risiko osteoporosis. Sebuah studi yang diterbitkan di Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2003 menyatakan bahwa osteoporosis, gangguan ginjal, dan beberapa gangguan kesehatan lainnya kemungkinan besar terkait dengan pengurangan karbohidrat secara ekstrem dalam jangka panjang.

4. Memengaruhi Mood

Hal lain yang mungkin dapat terjadi ketika Anda mengurangi asupan karbohidrat adalah terganggunya mood dan kesehatan mental. Beberapa studi menunjukkan bahwa mengurangi konsumsi karbohidrat dapat mengurangi hormon serotonin di dalam otak. Padahal, hormon serotonin sangat berpengaruh pada kebahagiaan seseorang. Jadi, kalau baru-baru ini mood Anda sering berubah-ubah, kemungkinan karena Anda kekurangan asupan karbohidrat.

5. Rentan Kram Otot

Bagian tubuh lain yang dapat terpengaruh akibat diet karbo adalah otot. Diet rendah karbo ternyata juga bisa menyebabkan otot lebih lemah dan sering mengalami kram. Meskipun efek yang satu ini mungkin hanya sementara, namun tetap saja bisa cukup mengganggu, terutama jika Anda adalah orang yang aktif secara fisik.