Ketahui Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Menerima Tawaran Pekerjaan

Ketahui Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Menerima Tawaran Pekerjaan

Informasi Terkini – Mendapatkan pekerjaan tetap memang bukanlah sesuatu yang mudah, namun bukan berarti Anda harus menerima setiap pekerjaan tanpa perhitungan. Mempertimbangkan tawaran pekerjaan bukan cuma sekadar menghitung besaran gaji atau lama kontrak kerja yang disodorkan. Karena itulah saat melalui proses rekrutmen, tak perlu sungkan bertanya banyak hal pada pihak HRD yang mewawancarai Anda agar pertimbangan yang matang dan keputusan yang logis bisa dihasilkan. Kira-kira selain gaji, apa saja yang perlu dipertimbangkan saat Anda mendapat tawaran pekerjaan?

1. Kebijakan Asuransi

Selain gaji, biasanya sebuah perusahaan memiliki asuransi yang melindungi beberapa aspek dalam kehidupan karyawannya. Yang wajib di Indonesia adalah asuransi kesehatan dan ketenagakerjaan yang telah diatur dalam UU Ketenagakerjaan. Namun, beberapa perusahaan juga menawarkan tambahan jenis asuransi lain untuk para karyawannya. Untuk mengetahui hal tersebut Anda dapat menanyakannya langsung saat proses wawancara.

2. Tunjangan Selain Gaji

Sudah banyak perusahaan yang memberikan tunjangan pada karyawannya di luar gaji. Mulai dari penyediaan sarapan di kantor, uang makan siang, transportasi, tunjangan dan parsel saat hari raya, pesangon, hingga bonus bulanan saat perusahaan mencapai target. Seluruh tunjangan ini dimaksudkan untuk menyejahterakan pegawai dan ini biasanya akan diberitahukan oleh perusahaan saat proses rekrutmen berjalan sebagai salah satu nilai tambah perusahaan.

3. Hari Libur dan Cuti

Kesempatan untuk beristirahat merupakan faktor yang sangat penting untuk pekerja. Tidak hanya tanggal merah, namun ada masa-masa di mana seorang karyawan membutuhkan cuti untuk kesehatan, seperti cuti haid, hamil, dan melahirkan, urusan pribadi, hingga urusan keluarga. Sebelum Anda menerima tawaran pekerjaan, bertanyalah lebih dahulu apakah perusahaan yang menawarkan posisi menyediakan hari libur dan cuti tersebut.

4. Jenjang Karir

Sudah menjadi hal yang wajar saat seorang karyawan ingin naik jabatan setelah beberapa lama bekerja. Selain karena telah berkontribusi, hal ini juga berpengaruh pada perkembangan karyawan dan juga perusahaan. Untuk itu, seorang calon karyawan memiliki hak untuk mengetahui apakah ia memiliki kesempatan untuk mengembangkan karirnya sebelum memutuskan akan bekerja di perusahaan tersebut atau tidak.

5. Kesempatan untuk Menempuh Studi Lanjutan

Beberapa perusahaan memiliki berbagai kebijakan terkait karyawan yang akan menempuh studi lanjutan. Ada yang mengizinkan karyawannya untuk mengambil cuti sembari melanjutkan kuliah, bahkan ada pula yang bersedia membantu biaya studi pegawainya dengan pertimbangan bahwa Anda dapat memberi kontribusi lebih pada pertumbuhan perusahaan setelah studi tersebut selesai. Meski hal ini tidak wajib di dalam UU Ketenagakerjaan di Indonesia, namun ini adalah salah satu bentuk keunggulan perusahaan.

6. Lingkungan Kerja

Suasana kantor yang kondusif tentu dapat memacu produktivitas kerja seorang karyawan. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti tata ruang, pencahayaan, rekan kerja, sanitasi, hingga beberapa peraturan yang menjadi kultur perusahaan. Untuk mengetahui hal ini, selain bertanya pada HRD, Anda juga dapat mencari tahu ulasan perusahaan yang sedang merekrut melalui beberapa laman di internet. Cocokkanlah prinsip Anda dengan budaya yang ada di dalam kantor tersebut.

7. Kemampuan Pribadi dalam Posisi yang Ditawarkan

Hal paling utama dalam mempertimbangkan sebuah tawaran pekerjaan adalah memahami deskripsi dari posisi yang ditawarkan. Pertimbangkanlah lingkup tugas dari posisi yang diajukan pada Anda. Melakukan hal yang tidak ada dalam kompetensi hanya akan mempersulit diri sendiri dan juga perusahaan, karena itu berarti Anda harus belajar dari awal karena tidak mengerti tugas yang harus diselesaikan. Terikat kontrak pada sebuah posisi di pekerjaan yang tidak dikuasai adalah salah satu kesalahan dalam karir. Karena itu, pertimbangkan dengan baik ya ladies sebelum memutuskan!