Ketahui Hal Yang Perlu Anda Lakukan Untuk Menjadi Turis Yang Bertanggung Jawab

Ketahui Hal Yang Perlu Anda Lakukan Untuk Menjadi Turis Yang Bertanggung Jawab

Informasi Terkini – Berwisata dapat memberikan banyak dampak positif untuk diri kita. Mulai dari menghilangkan stres, hingga memberikan banyak pengalaman baru. Namun, tahukah Anda bahwa lokasi wisata yang Anda kunjungi justru berpotensi mengalami banyak dampak negatif? Nah, untuk menghindari hal ini, jangan lupa untuk selalu menjadi turis yang bertanggung jawab, ya! Berikut ini lima cara yang bisa Anda lakukan.

1. Teliti dalam memilih perusahaan

Mulai dari agen perjalanan, transportasi hingga penginapan, cari tahu lebih lanjut mengenai perusahaan yang akan Anda pilih. Misalnya untuk agen perjalanan, pilihlah yang memberdayakan komunitas lokal dan peka terhadap budaya tujuan wisata Anda. Sedangkan untuk penginapan, pilihlah yang menerapkan konsep green building sehingga lebih ramah lingkungan.

2. Tinggal di homestay

Tinggal di homestay dan berbaur dengan warga lokal dapat menjadi opsi menarik untuk berwisata. Anda dapat merasakan kehangatan yang lebih dari lingkungan tempat Anda tinggal dan menemukan lebih banyak pengalaman baru, dibandingkan saat menginap di hotel. Selain lebih sederhana, tinggal di homestay juga tergolong lebih ramah terhadap lingkungan, lho! Kalau seandainya tetap ingin tinggal di hotel, ada baiknya juga Anda memilih hotel yang ramah lingkungan.

3. Kurangi penggunaan botol plastik

Idealnya, orang dewasa butuh mengonsumsi air putih sebanyak dua liter perharinya. Nah, sekarang coba bayangkan, berapa banyak botol plastik yang terbuang jika Anda terus mengonsumsi air minum dalam kemasan? Sebisa mungkin, kurangi pembelian minuman dalam kemasan dengan cara membawa botol minum Anda sendiri. Kalau hendak memesan minuman di kedai kopi, Anda juga sebaiknya meminta kepada pelayan untuk mewadahinya dalam gelas kaca.

4. Mendukung ekonomi lokal

Cendera mata merupakan benda yang wajib dibeli saat mengunjungi sebuah daerah wisata. Nah, kalau Anda ingin menjadi turis yang bertanggung jawab, Anda bisa membantu perkembangan ekonomi lokal dengan cara membeli cendera mata langsung dari pengrajin lokal. Selain itu, dibandingkan dengan makan di restoran cepat saji internasional, Anda sebaiknya makan di warung atau restoran milik warga lokal saja.

5. Hargai warga lokal

Kemana pun Anda pergi, selalu ingat bahwa Anda merupakan tamu yang harus peka dengan lingkungan Anda. Sebagai turis yang bertanggung jawab, sebaiknya Anda pelajari lebih dulu mengenai norma dan budaya yang berlaku di tempat yang Anda kunjungi. Jangan sampai, perlakuan Anda menyalahi dan menyinggung warga lokal. Selain itu, jangan lupa juga untuk meminta izin terlebih dahulu saat ingin mengambil foto kegiatan di lokasi wisata tersebut.