Ketahui Kesalahan Mencuci Bahan Makanan Yang Paling Sering Dilakukan

Ketahui Kesalahan Mencuci Bahan Makanan Yang Paling Sering Dilakukan

Informasi Terkini – Sumber penyakit bisa datang dari mana saja, termasuk juga dari makanan yang kita konsumsi. Tanpa disadari, bahan makanan yang kita konsumsi bisa saja mengandung beragam bakteri yang dapat menyebabkan penyakit. Maka itu, mencuci bahan makanan sebelum mengonsumsinya adalah hal yang penting dilakukan. Namun, Anda juga harus memerhatikan cara mencuci yang benar agar bahan makanan dapat bersih dengan sempurna. Nah, berikut ini adalah kesalahan mencuci bahan makanan yang sebaiknya Anda hindari.

1. Frozen Food

Sayur, daging, dan buah-buahan merupakan jenis bahan makanan yang cepat basi. Inilah yang membuat banyak orang lebih memilih untuk membeli bahan makanan yang telah dibekukan. Nah, karena hadir dalam kemasan tersegel, banyak orang yang menganggap kalau frozen food tidak perlu dicuci sebelum diolah. Memang benar kalau bakteri akan menjadi tidak aktif dalam kondisi beku, namun saat suhu makanan meningkat dan kembali pada suhu ruangan, bakteri akan kembali aktif. Maka itu, jangan lupa untuk mencuci frozen food sebelum diolah, ya!

2. Ikan

Mencuci ikan sebelum memasaknya adalah hal yang wajib dilakukan. Namun, Anda harus lebih memperhatikan cara mencuci ikan mentah. Karena selalu berada dalam kondisi yang basah, bahan makanan ini memang rentan menyebarkan bakteri. Bak cuci, pisau, dan talenan yang Anda gunakan akan terkontaminasi oleh bakteri pada ikan dan jika tidak dicuci dengan benar, bakteri ini bisa menyebar ke bahan makanan lainnya. Maka itu, pastikan untuk selalu mencuci tangan dan peralatan dapur secara maksimal setelah mengolah ikan mentah. Aturan ini juga berlaku untuk daging ayam mentah, ya!

3. Apel

Apel merupakan salah satu jenis buah yang paling sering dikonsumsi bersama kulitnya. Meskipun memiliki tampilan yang bersih dan mengilap, Anda harus tetap mencuci apel dengan benar karena buah ini kemungkinan terpapar pestisida yang tidak dapat dibersihkan hanya dengan di lap saja. Untuk membersihkan apel sebelum dikonsumsi, Anda bisa merendamnya terlebih dahulu ke dalam campuran air dan baking soda selama 15 menit. Dengan begitu, sebagian besar bahan kimia yang melekat pada kulit apel akan menghilang.

4. Beras

Seberapa sering Anda mencuci beras sebelum memasaknya? Meskipun terlihat memiliki warna yang putih bersih, Anda tetap perlu mencucinya sebanyak 3-4 kali atau hingga air bilasan terlihat bening. Selain menghilangkan kotoran atau kutu yang terdapat pada beras, mencuci beras juga bertujuan untuk membersihkan pati yang menyelimuti permukaan beras. Jika didiamkan, beras akan menjadi menggumpal dan terlihat kurang menarik untuk dikonsumsi.

5. Produk Susu

Zaman sekarang, produk susu dikemas dalam botol karton yang sudah melalui proses sterilisasi. Namun, selama proses penyimpanan di gudang dan rak toko, tak menutup kemungkinan akan ada bakteri dan debu yang melekat pada kemasan. Maka itu, Anda tetap harus mencuci kemasan produk sebelum mengonsumsinya agar bakteri yang berada di kemasan produk tidak menjalar ke dalam kemasan.