Ketahui Makanan Diet Berikut Ini Justru Bisa Menaikkan Berat Badan!

Ketahui Makanan Diet Berikut Ini Justru Bisa Menaikkan Berat Badan!

Informasi Terkini – Mendapatkan bentuk tubuh ideal memang bisa dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya adalah menjaga pola makan. Untuk melakukan ini, ada yang mengikuti program diet dan ada juga yang secara manual mulai memilah makanan serta camilan hariannya. Nah, untuk Anda yang sehari-hari mengatur asupan makanan, coba deh perhatikan beberapa makanan diet di bawah ini. Tujuh makanan diet ini ternyata bisa membuat berat badan Anda naik!

1. Sereal

Sereal sering menjadi pilihan sarapan yang sehat dan praktis bagi Anda yang sedang menjaga berat badan. Namun, kalau diteliti, ternyata kebanyakan sereal mengandung gula dan karbohidrat yang tinggi. Bahkan, sereal yang terbuat dari gandum utuh sekalipun sering mengandung gula yang tinggi. Kedua komponen tersebut berperan besar dalam peningkatan berat badan. Agar sereal yang Anda konsumsi tetap sehat, perhatikan daftar kandungan nutrisi sebelum membeli. Pilihlah sereal yang mengandung setidaknya 3 gram serat dan tidak lebih dari 10 gram gula per sajiannya. Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi sereal Anda dengan susu skim agar asupan kalori yang masuk lebih rendah.

2. Granola Bar

Granola yang terbuat dari gandum dan kacang-kacangan alami kedengarannya sehat. Sayangnya, ada beberapa pilihan granola yang memiliki tambahan gula dan perasa untuk membuat rasanya lebih nikmat. Ada banyak granola bar yang mengandung gula yang tinggi serta menggunakan minyak untuk menempelkan granola menjadi sebuah batangan. Kalau sudah begini, makanan ini tidak lagi cocok untuk diet Anda.

3. Salad

Rasanya Anda telah berhasil menjalani diet apabila Anda mengonsumsi salad. Sayur-sayuran memang sehat dan kaya akan serat, namun yang harus Anda perhatikan adalah salad dressing yang digunakan. Beberapa salad dressing justru dapat merusak diet karena mengandung lemak yang tinggi. Pilihlah dressing salad seperti vinaigrette atau wijen serta hindari tambahan keju, croutons, dan protein yang digoreng dalam salad untuk memastikan salad yang Anda makan mendukung diet Anda.

4. Yoghurt Rendah Lemak

Terdapat berbagai pilihan yoghurt di lorong supermarket, seperti yoghurt low fat, non-fat, greek styled, dan juga minuman yoghurt. Nah, ternyata tidak semua yoghurt tersebut sehat. Yang mengejutkan, ternyata low fat dan non-fat yoghurt dapat merusak diet Anda. Saat kandungan lemak dikeluarkan dari sebuah makanan, rasa makanan tersebut akan berubah dan menjadi kurang nikmat. Maka dari itu, dalam low fat yoghurt terdapat tambahan gula dan perasa buatan untuk memberi rasa yang lebih nikmat.

Pilihan terbaik adalah mengonsumsi Greek yoghurt asli yang kandungan proteinnya tinggi, sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama. Apabila Anda bukan penggemar Greek yoghurt, alternatifnya adalah membeli natural plain yoghurt dan tambahkan buah segar untuk menambah rasa.

5. Jus Buah

Buah-buahan sangatlah sehat, namun apabila Anda sedang mencoba untuk menurunkan berat Anda, lebih baik hindari meminum jus dan konsumsilah buah dalam bentuk aslinya. Kandungan gula dalam buah utuh terikat di dalam dinding sel fibrosa sehingga memperlambat pelepasan gula ke dalam tubuh. Buah yang diproses, dalam hal ini dibuat jus, akan kehilangan komponen serat. Gula yang ada di dalam buah pun menjadi mudah diserap oleh tubuh.

6. Minuman Diet Soda

Seringkali Anda tetap menginginkan minuman segar dan manis selama diet. Untuk tetap menjaga pola makan, Anda pun memilih untuk membeli minuman diet soda. Tahukah Anda, bahwa minuman diet soda ternyata memiliki kandungan pemanis buatan yang mungkin memang tidak berkalori, namun justru dapat merangsang nafsu makan Anda.

7. Roti Gandum

Anda yang sedang diet mungkin sering mendapat nasihat untuk mengonsumsi roti gandum sebagai pengganti roti tawar biasa. Ternyata nih, roti gandum tidak jauh berbeda dengan roti biasa. Alasannya, gandum yang digunakan telah diolah menjadi tepung halus. Sama seperti roti biasa, hal ini dapat memacu naiknya gula darah tubuh. Jadi, lebih baik Anda tetap mengurangi konsumsi roti selama diet untuk menjaga jumlah kalori yang masuk.