Ketahui Manfaat Bersyukur Yang Telah Dibuktikan Oleh Ilmu Pengetahuan

Ketahui Manfaat Bersyukur Yang Telah Dibuktikan Oleh Ilmu Pengetahuan

Informasi Terkini – Merasa sering mengeluh belakangan ini? Coba lihat lagi, apa tidak ada sama sekali hal yang bisa disyukuri? Banyak yang belum tahu, hal sederhana seperti bersyukur ternyata memiliki banyak manfaat untuk diri kita, tak peduli sekecil apa pun berkah yang kita syukuri. Menariknya lagi, hal ini sudah dibuktikan oleh ilmu pengetahuan, lho! Dilansir dari Forbes, ini dia manfaat bersyukur yang bisa Anda rasakan.

1. Membuka banyak peluang untuk hubungan baru

Merasa sering terbantu oleh orang lain? Jangan lupa untuk mengucap syukur dan mengucapkan terima kasih, ya! Selain menandakan sikap yang baik, ucapan terima kasih yang Anda lontarkan pada orang lain dapat membuka peluang untuk hubungan baru. Misalnya, ada rekan kerja yang menahan pintu agar tetap terbuka saat Anda masuk. Jika Anda ingat untuk berterima kasih, orang tersebut akan merasa lebih dihargai dan kejadian ini dapat berlanjut dengan obrolan lainnya, lho!

2. Meningkatkan kesehatan fisik

Berdasarkan sebuah penelitian yang dirilis oleh Personality and Individual Differences pada tahun 2012 lalu, seseorang yang sering bersyukur mengalami rasa sakit dan menderita penyakit yang lebih sedikit. Sebenarnya ini bukanlah hal yang mencengangkan. Pasalnya, seseorang yang sering bersyukur akan lebih menghargai dan merawat kesehatan tubuhnya sehingga lebih jarang terkena penyakit.

3. Meningkatkan kesehatan psikis

Bersyukur dan menghargai hal-hal kecil yang kita alami akan membantu meningkatkan kesehatan psikis. Kebiasaan ini akan mengurangi perasaan-perasaan yang bersifat toxic, seperti iri hati, kebencian, dan penyesalan. Ini sudah dibuktikan oleh Robert A. Emmons, Ph.D. yang sebelumnya pernah melakukan penelitian seputar rasa syukur dan kesejahteraan seseorang. Ia mengatakan bahwa sikap mudah bersyukur akan meningkatkan kebahagiaan seseorang dan menjauhkannya dari depresi.

4. Meningkatkan empati dan mengurangi agresi

Manfaat bersyukur lainnya adalah meningkatkan empati pada diri kita. Sebuah studi yang dilakukan University of Kentucky pada tahun 2012 lalu, membuktikan bahwa seseorang yang sering bersyukur memiliki perilaku sosial yang lebih baik, sekalipun saat diberi kritikan oleh orang lain. Orang-orang ini juga memiliki rasa empati yang lebih tinggi sehingga mampu menghargai orang lain dan cenderung tidak memiliki keinginan untuk balas dendam.

5. Membuat tidur lebih nyenyak

Pernah mendengar istilah gratitude journal? Menulis catatan kecil berisi hal-hal yang Anda syukuri setiap harinya ternyata bisa membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak, lho! Berdasarkan sebuah studi yang dirilis pada Applied Psychology: Health and Well-Being tahun 2011 lalu, Anda cukup menuliskan hal-hal yang Anda syukuri setiap harinya di jurnal ini selama 15 menit setiap harinya sebelum tidur untuk merasakan tidur yang lebih nyenyak dan lebih lama.

6. Meningkatkan self-esteem

Merasa kurang mampu menghargai diri sendiri? Mungkin itu tandanya Anda kurang bersyukur. Tahun 2014 lalu, ada sebuah penelitian pada Journal of Applied Sport Psychology yang menyatakan bahwa rasa bersyukur meningkatkan rasa penghargaan diri para atlet, sehingga mampu membuat para atlet memberikan performa yang lebih baik. Tak hanya itu, sebuah studi lainnya juga menyatakan bahwa rasa bersyukur akan mengurangi kebiasaan kita dalam membandingkan diri sendiri dengan pencapaian orang lain.

7. Meningkatkan kekuatan mental

Salah satu cara untuk mengurangi dampak buruk kesehatan mental adalah dengan bersyukur. Sudah banyak penelitian yang membuktikan hal ini. Tak tanggung-tanggung, penelitian pun dilakukan pada veteran yang telah menjalani peperangan dan korban serangan teroris, yang sempat mengalami guncangan pada mentalnya. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa dengan menyadari hal-hal kecil yang patut kita syukuri akan membantu mental kita semakin kuat, bahkan saat melewati masa tersulit sekalipun.