Ketahui Manfaat Mindful Breathing Untuk Kesehatan Tubuh Dan Pikiran

Ketahui Manfaat Mindful Breathing Untuk Kesehatan Tubuh Dan Pikiran

Informasi Terkini – Bernapas adalah kegiatan yang kita lakukan setiap detik, setiap waktu. Sejak kita lahir, tubuh kita sudah tahu bagaimana caranya untuk bernapas tanpa perlu kita latih. Selama ini bernapas juga menjadi kegiatan yang kita lakukan tanpa kesadaran. Namun, tahukah Anda bahwa bernapas dengan penuh kesadaran atau disebut juga dengan mindful breathing dapat memberikan banyak manfaat untuk diri kita? Tak hanya untuk kesehatan tubuh saja, tetapi juga untuk kesehatan pikiran. Nah, berikut ini adalah manfaat mindful breathing yang bisa Anda rasakan.

1. Menurunkan Tingkat Stres

Manfaat mindful breathing yang pertama adalah membantu menurunkan tingkat stres. Setiap orang pasti mengalami stres, entah itu karena masalah pekerjaan, masalah keluarga, ataupun masalah lainnya. Dengan mindful breathing, Andadapat meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan, menyeimbangkan emosi, dan mengurangi hiperaktif pada otak.

2. Emosi Lebih Stabil

Merasa marah akan suatu hal? Cobalah untuk bernapas dengan teratur. Napas yang teratur dapat membantu kita mengontrol emosi. Sudah banyak studi yang menyatakan bahwa mindful breathing membantu meningkatkan emosi positif, sekaligus mengurangi emosi negatif dan stres. Bahkan, kebiasaan ini juga efektif digunakan sebagai anti-depresan untuk melawan depresi dan mencegahnya kambuh lagi.

3. Stamina Tubuh Meningkat

Bernapas dengan efektif dan efisien dapat meningkatkan stamina kita, khususnya saat berolahraga. Melatih mindful breathing akan membuat kita tahu cara mengatur pernapasan saat sedang melakukan olahraga. Latihan pernapasan juga memperkuat otot pernapasan, serta memaksimalkan kapasitas penggunaan paru-paru kita. Hal ini sudah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan seorang cardiologist dari University of Pavia.

4. Hubungan Lebih Baik

Mindful breathing juga bisa memberikan manfaat untuk keberlangsungan hubungan Anda. Pasangan yang memiliki kebiasaan ini akan merasa lebih puas dengan hubungan yang mereka jalani karena diri mereka cenderung lebih penyabar, optimis, serta rileks. Inilah yang akan membantu seseorang lebih mampu menerima pasangannya.

5. Menurunkan Berat Badan

Mindful breathing dapat membantu meningkatkan kadar leptin, sebuah hormon yang diproduksi jaringan lemak dan berfungsi mengirimkan sinyal ke otak untuk menunda rasa lapar. Kebiasaan ini juga dapat disertai dengan mindful eating yang membantu Anda lebih sadar akan makanan yang dikonsumsi, sehingga volume makanan yang Anda konsumsi akan berkurang lebih sedikit. Namun ingat ya, kebiasaan ini memang dapat membantu, tetapi bukan menjadi satu-satunya cara untuk menurunkan berat badan, ya!