Ketahui Manfaat Ngemil Yang Bisa Tubuh Anda Rasakan

Ketahui Manfaat Ngemil Yang Bisa Tubuh Anda Rasakan

Informasi Terkini – Kebiasaan ngemil sering kali mendapat pandangan yang buruk. Pasalnya, kebiasaan ini dikenal sebagai salah satu penyebab kegemukan yang terjadi tanpa kita sadari. Namun, perlu diketahui bahwa sebenarnya kebiasaan ngemil tidaklah buruk selama dilakukan dengan benar, mulai dari waktu hingga jenis camilan yang kita konsumsi. Bahkan, jika dilakukan dengan benar, ngemil justru punya beragam manfaat bagi tubuh! Berikut ini adalah beberapa manfaat ngemil yang bisa Anda rasakan.

1. Memberikan nutrisi yang beragam bagi tubuh

Meskipun mengenyangkan, mengonsumsi makanan berat sebanyak tiga kali sehari belum tentu memberikan nutrisi yang lengkap bagi tubuh. Dengan menyelipkan kudapan di antara dua waktu makan, bisa memberikan manfaat lebih bagi tubuh. Apalagi jika Anda mengonsumsi jenis makananan yang berbeda-beda. Misalnya, jika membutuhkan lebih banyak vitamin dan serat dari makan siang, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan. Atau, jika membutuhkan protein, Anda bisa menjadikan kacang edamame sebagai camilan.

2. Mencegah binge eating

Rasa lapar berlebih akan meningkatkan risiko seseorang melakukan binge eating. Untuk mencegah hal tersebut, kita perlu menjaga perut agar tidak berada pada kondisi yang terlalu kosong atau lapar berlebihan. Dengan memiliki kebiasaan ngemil sehat di sela jam makan utama, kita jadi lebih bisa mengontrol rasa lapar sehingga akan terhindar dari rasa ‘ngidam’.

3. Meningkatkan metabolisme

Manfaat ngemil selanjutnya adalah meningkatkan metabolisme. Kebanyakan orang memiliki pandangan bahwa semakin sedikit kita makan, semakin berkurang berat badan kita. Sayangnya, pandangan ini tidak sepenuhnya benar. Menjaga tubuh agar terus berada pada mode mencerna makanan akan lebih baik dibanding langsung menjejalkan banyak makanan pada perut. Alasannya? Tubuh kita akan terbiasa mencerna makanan sehingga metabolisme pun akan lebih maksimal.

4. Meningkatkan konsentrasi

Fokus dan konsentrasi adalah hal yang penting, terutama jika kita sedang berusaha produktif menyelesaikan pekerjaan. Ada beberapa jenis makanan yang membantu meningkatkan konsentrasi, seperti blueberries, alpukat, hingga dark chocolate. Dengan mengonsumsi jenis makanan tersebut sebagai camilan, Anda bisa terus mempertahankan konsentrasi dan produktivitas selama bekerja.

5. Mencegah afternoon slump

Siapa di sini yang sering merasa tidak produktif bekerja setelah jam makan siang? Kondisi ini yang dikenal dengan istilah afternoon slump ini merupakan perasaan lelah, mengantuk, serta lesu yang umumnya terjadi pukul 1-3 siang. Agar terhindar dari afternoon slump, Anda bisa mengonsumsi camilan untuk menjaga energi pada tubuh. Namun, perhatikan juga jenis camilannya karena ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan kita mengantuk seperti keju, tahu, dan telur.