Ketahui Manfaat Yang Akan Anda Rasakan Dengan Memiliki Sahabat Dekat!

Ketahui Manfaat Yang Akan Anda Rasakan Dengan Memiliki Sahabat Dekat!

Informasi Terkini – 1. Membuat Anda memiliki kebiasaan sehat

Rutin melakukan kebiasaan sehat seperti ke gym atau jogging memang akan lebih asyik jika dilakukan bersama sahabat. Penelitian membuktikan bahwa bila Anda memiliki sahabat yang sama-sama memiliki semangat dan konsisten dalam melakukan olahraga, kebiasaan sehat tersebut juga akan terasa menyenangkan saat Anda lakukan. Hal yang sama juga bisa terjadi saat Anda memiliki sahabat yang memiliki pola makan sehat serta kebiasaan mengonsumsi makanan sehat, Anda juga akan cenderung lebih mudah dan konsisten mengikutinya ketimbang harus melakukannya sendiri. Teman yang baik bisa memberikan pengaruh baik pada kebiasaan Anda sehari-hari, dan sebaliknya Anda juga bisa memberikan pengaruh baik pada mereka.

2. Selalu hadir di saat suka dan duka

Keberadaan sahabat yang selalu ada dalam keadaan suka maupun duka bisa membuat Anda tidak kesepian dan tidak merasa sendirian. Dukungan dari sahabat sangat penting, ketika Anda memerlukan dukungan terutama ketika mengalami kondisi yang kurang baik, seperti berduka karena kehilangan anggota keluarga atau baru saja mengalami putus cinta. Menurut seorang psikolog bernama Nicole Sbordone, memiliki sahabat dekat yang selalu menghibur dan memberikan dukungan bisa membuat Anda terhindar dari stres dan depresi yang berujung pada tindakan-tindakan negatif. Namun sebaliknya, saat Anda sedang mengalami sesuatu yang membahagiakan, seorang sahabat juga akan merayakannya bersama dengan Anda dan ikut merasa bahagia.

3. Meredakan stres dan depresi

Memiliki sahabat baik akan membuat Anda lebih bahagia dan terhindar dari stres. Mengobrol, tertawa dan berbagi tentang pengalaman hidup bersama sahabat bisa membantu Anda melepas stres dan tekanan yang mungkin Anda rasakan berhubungan dengan masalah keluarga, pekerjaan, sekolah hingga pasangan. Berdasarkan pengamatan psikolog bernama Melissa Wolak, MS pada kliennya, hubungan persahabatan yang mendalam terbukti dapat membantu mengurangi tekanan darah dan membuat orang terhindar dari stres serta depresi.

4. Membuat Anda mendapatkan dukungan

Setiap orang pasti memiliki keinginan untuk didengarkan dan dihargai dengan cara-cara tertentu. Memiliki sahabat dekat akan membantu Anda merasa bahagia dan puas karena mereka akan selalu siap memberikan masukan, dukungan dan saran ketika Anda membutuhkannya. Ambil saja contoh ketika Anda sedang membutuhkan saran untuk memilih dua pekerjaan yang harus dijalani. Anda bisa menelepon, melakukan video call, mengirim pesan atau mengajak sahabat Anda bertemu untuk membicarakannya. Sahabat Anda akan mendengarkan semua pertimbangan Anda dan kemudian memberikan saran supaya Anda bisa memilih dengan bijak.

5. Meningkatkan kemampuan kognitif

Memiliki sahabat dekat ternyata juga bisa meningkatkan kemampuan kognitif dan emosional. Menurut Dokter Wolak, Berinteraksi dan bercakap-cakap dengan sahabat dapat meningkatkan kemampuan otak dan membuat otak menjadi lebih sehat dengan mempertahankan neuroplasticity dengan berbagai macam stimulasi dan pengalaman yang Anda jalani bersama sahabat. Contohnya, ketika Anda dan sahabat membicarakan tentang sesuatu yang baru-baru ini sedang hangat dibicarakan, memilih dan mengunjungi beberapa coffee shop atau restoran yang berbeda, dan juga mencoba melakukan hal-hal baru. Berbagai hal yang Anda lakukan bersama dengan sahabat bisa membantu melatih otak memproses berbagai informasi baru, mengingat detail tentang sahabat, serta mengantisipasi masalah atau kesalahpahaman yang mungkin terjadi.