Ketahui Pentingnya Menampilkan Kecerdasaan Emosional Saat Sesi Wawancara Kerja

Ketahui Pentingnya Menampilkan Kecerdasaan Emosional Saat Sesi Wawancara Kerja

Informasi Terkini – 1. Menjadi Pendengar yang Baik

Saat sedang mengikuti proses wawancara kerja, HRD biasanya melihat kecerdasan emosional seseorang berdasarkan sikap calon karyawan saat mendengarkan penjelasan dan pertanyaan yang diajukan. Seseorang dengan kecerdasan emosional yang baik akan mendegarkan setiap penjelasan dan pertanyaan yang diberikan dengan seksama untuk dapat mengerti hal yang dibicarakan daripada mendengarkan dengan tujuan untuk segera ingin menjawab atau menyanggahnya.

2. Menjawab Pertanyaan Tanpa Tergesa-gesa

Selain mampu menjadi pendengar yang baik, tips berikutnya untuk menunjukkan kecerdasan emosional saat wawancara kerja dapat dilakukan dengan cara yang tepat saat menjawab pertanyaan dari pewawancara. Seorang calon karyawan dengan kecerdasan emosional yang baik, akan mampu mengontrol emosi dan menjawab pertanyaan tanpa terlihat gugup. Setelah mendengarkan penjelasan dan pertanyaan dengan seksama, sebaiknya Anda tidak perlu tergesa-gesa langsung menjawab pertanyaan tersebut. Beri waktu sejenak untuk Anda memikirkan jawaban yang tepat dan berikan jawaban dengan lugas.

3. Mengetahui Kelebihan dan Kelemahan Diri Sendiri

Salah satu ciri seseorang dengan kecerdasan emosional yang baik adalah mengetahui kelebihan dan kelemahan dirinya sendiri. Saat sedang menjalani proses wawancara kerja, calon karyawan biasanya akan mendapatkan pertanyaan mengenai pengalaman kerja maupun berorganisasi yang pernah dijalani sebelumnya. Calon karyawan yang memiliki kecerdasan emosional baik akan mengutarakan kelebihan dan kemampuan yang selama ini dipelajari atau dimiliki, tetapi juga menyadari bahwa dirinya juga tidak luput dari kelemahan dan kesalahan. HRD akan lebih menghargai calon karyawan yang menyadari kelemahannya, tetapi memiliki usaha untuk mengatasinya.

4. Membagikan Pengalaman dalam Menyelesaikan Masalah

Pertanyaan yang dilontarkan oleh pewawancara pada calon karyawan salah satunya adalah tentang respon dan tindakan saat menghadapi masalah atau masa-masa sulit dalam hidup yang pernah dialami. Calon karyawan dengan kecerdasaan emosional akan menjawab pertayaan ini dengan menunjukkan sikap positif dalam setiap permasalahan yang dihadapi. Melalui pertanyaan ini, HRD ingin mengetahui respon dan sikap Anda dalam mengatasi masalah tersebut.

Saat menghadapi masalah yang situasi sulit, seseorang dengan kecerdasan emosional yang baik tidak akan dengan mudah menyalahkan orang lain. Selain itu, orang dengan kecerdasan emosional yang baik akan menyadari bahwa dirinya tak luput dari kesalahan, namun selalu bisa mendapatkan pelajaran berharga dari kesalahan tersebut dan berusaha untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama di masa yang akan datang.

5. Menunjukkan Keinginan untuk Mengembangkan Diri

Seperti yang telah ditunjukkan dalam beberapa point sebelumnya, Anda tidak perlu menutupi kelemahan yang dimiliki karena semua orang bahkan pihak pewawancara juga mengetahui setiap orang pasti memiliki kelemahan dan pernah melakukan kesalahan. Untuk menunjukkan kecerdasan emosional yang baik saat wawancara kerja, Anda tidak hanya harus menyampaikan kelebihan tetapi juga kelemahan yang dimiliki.

Pewawancara lebih ingin mengetahui respon dan sikap Anda dalam mengatasi kelemahan dan kesalahan yang dilakukan. Selain itu, pewawancara akan lebih mengutamakan untuk menerima orang yang selalu memiliki keinginan untuk berkembang dan belajar dari kesalahan.