Ketahui Penyebab Dan Cara MengatasinyaMata Kering

Ketahui Penyebab Dan Cara MengatasinyaMata Kering

Informasi Terkini – Mata merupakan salah satu panca indera yang sangat penting bagi kita. Akan sangat mengganggu apabila mata Anda terkena sebuah penyakit atau bermasalah. Masalah mata yang sering dialami banyak orang adalah mata kering. Walaupun sering disepelekan, mata kering ternyata bisa berbahaya, lho! Yuk, ketahui lebih lanjut sehingga dapat mengatasinya sebelum bertambah parah.

Apa Itu Mata Kering?

Mata kering adalah suatu kondisi yang terjadi saat seseorang memiliki jumlah air mata yang kurang untuk melindungi dan menutrisi matanya. Nah, tidak tercukupinya jumlah produksi air mata ini dapat menyebabkan terjadinya iritasi dan peradangan sehingga nantinya akan membuat mata Anda berwarna merah dan terasa sakit. Namun, terkadang mata kering juga dapat menyebabkan mata menjadi berair akibat produksi air mata yang berlebihan untuk menjaga kelembaban mata Anda.

Penyebab Mata Kering

1. Menghabiskan banyak waktu di depan komputer

Terlalu lama menghabiskan waktu di depan komputer dapat memicu terjadinya mata kering karena dapat mengurangi tingkat mata berkedip. Hal ini akan membuat mata menjadi kurang ternutrisi dan kering.

2. Menggunakan lensa kontak

Mungkin Anda sering melihat seseorang yang menggunakan lensa kontak selalu menggunakan tetes mata? Nah, hal itu dilakukan karena mata mereka cenderung menjadi kering akibat penggunaan lensa kontak tersebut.

3. Mengidap penyakit autoimun

Penyakit autoimun juga dapat menjadi penyebab mata kering karena penyakit tersebut akan berbalik menyerang kelenjar air mata dan ludah sehingga jumlah yang diproduksi tubuh akan menjadi sedikit.

4. Melakukan operasi mata

Setelah melakukan operasi lasik, biasanya mata Anda akan cenderung menjadi kering. Hal ini disebabkan karena terputusnya saraf untuk menghasilkan air mata. Namun, hal tersebut hanya bersifat sementara saja.

5. Kurangnya asupan Vitamin A

Vitamin A bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata sehingga saat kekurangan asupannya akan membuat penglihatan Anda menjadi kurang baik, terutama pada saat malam hari.

Cara Mengatasi Mata Kering

1. Selalu ingatkan diri agar tetap berkedip saat membaca atau menatap layar komputer dalam waktu yang lama.

2. Menggunakan kacamata saat berada di luar ruangan untuk mengurangi paparan angin dan matahari ke mata.

3. Meneteskan obat mata untuk mengurangi rasa kering pada mata.

4. Mengompres mata dengan air hangat kurang lebih selama 10 menit dalam dua kali sehari.

5. Mengonsumsi suplemen yang kaya akan omega-3 dan fatty acids untuk membantu mencegah dan mengurangi gejala mata kering.