Ketahui Penyebab Menatap Layar Gadget Membuat Mata Tak Nyaman

Ketahui Penyebab Menatap Layar Gadget Membuat Mata Tak Nyaman

Informasi Terkini – Pekerjaan kini banyak menuntut Anda harus terus memeriksa handphone atau terus dihadapkan dengan layar laptop. Hal inilah yang lama kelamaan dapat membuat mata Anda terasa tak nyaman. Mata menjadi kunci penting untuk beraktivitas, jadi kesehatannya pun perlu dijaga. Salah satu tanda mata dalam kondisi tak sehat adalah ketika menatap layar gadget membuat Anda merasa tak nyaman. Hal ini bisa terjadi karena mata Anda berada dalam kondisi kering. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak artikel ini, ya!

1. Penyebab Mata Kering

Sama halnya dengan kulit, mata juga bisa mengalami kekeringan. Meskipun banyak masalah yang dapat mengindikasikan penyebabnya, biasanya mata tidak dapat pelumas yang memadai dari air mata hingga kondisi ini membuat debu dan benda asing dapat mengganggu mata. Air mata yang tak mencukupi ini seringkali diatasi dengan obat tetes mata, namun untuk kasus yang lebih ekstrem, resep dari dokter lebih disarankan.

Mata yang sehat biasanya terus dialiri oleh air mata pada saat berkedip sehingga memberi nutrisi yang cukup bagi kornea. Air mata dan beberapa campuran senyawa misalnya lemak, lendir, dan protein menjaga mata agar tetap terlindungi dari kuman. Nah, saat kelenjar ini tidak memproduksi air mata yang cukup, maka permukaan mata akan terganggu dan menimbulkan beberapa masalah, seperti tanda-tanda di bawah ini.

2. Tanda Mata Kering

– Sakit saat berkedip

Jika mata terasa kering, hal yang pertama kali Anda lakukan adalah berkedip agar banyak air mata yang melapisi permukaan mata. Namun, ternyata justru terasa sakit pada setiap kedipan bahkan penglihatan makin kabur. Hal ini bisa diatasi dengan memberikan tetesan mata secepatnya.

– Bangun dengan mata memerah

Kekurangan produksi air mata menyebabkan permukaan mata menjadi kering dan menghasilkan peradangan. Kemerahan dan peradangan tersebut terjadi karena disfungsi kelenjar meibomian yang merupakan minyak kelopak mata. Cara terbaik yang biasa dilakukan adalah membantu melumasi mata dengan obat tetes. Jika perlu, gunakan obat tetes dengan pelembap murni agar dapat menyembuhkan secara menyeluruh.

– Kelopak mata terasa berpasir

Tanda lain mata kering adalah terasa sensasi asing pada mata seperti berpasir. Bisa jadi, hal ini disebabkan oleh kotoran yang menempel di dalam mata. Sel-sel yang mengering kemudian membuatnya terasa perih. Kelopak mata yang berpasir ini tak menyebabkan kerusakan permanen dan dapat sembuh kita mata mulai lembap

– Sakit saat menatap layar ponsel

Pada kondisi tertentu, mata kering dapat menyebabkan rasa perih saat Anda menatap layar ponsel atau komputer dalam jangka waktu lama. Menurut, ahli bedah mata Dr. Toni Albrecht yang dikutip dari Bustle, melakukan trik 20-20-20 dapat membantu saat kondisi mata Anda seprti ini. Artinya, berisitirahatlah selama 20 menit, tatap sesuatu dengan jarak pandang 20 kaki selama sekitar 20 detik. Cara ini dianggap mampu membantu mencegah mata makin mengalami kekeringan.