Ketahui Penyebab Mulut Kerap Terasa Pahit Saat Sakit

Ketahui Penyebab Mulut Kerap Terasa Pahit Saat Sakit

Informasi Terkini – 1. Kemampuan indra penciuman menurun

Dilansir dari National Institutes of Health, alasan lain yang mungkin menjadi penyebab mulut Anda terasa pahit adalah kemampuan indra penciuman yang menurun saat sakit, sedangkan indra perasa dan penciuman bekerja berdampingan. Saat Anda mengunyah makanan, aroma makanan akan mengaktifkan saraf khusus yang membuat makanan terasa lebih lezat, di mana saat Anda sakit saraf tersebut tidak akan aktif dan membuat makanan terasa tawar atau bahkan pahit.

2. GERD dan asam lambung

Salah satu penyebab rasa pahit di mulut lainnya adalah Gastroesophageal reflux disease (GERD) atau asam lambung. Kondisi ini terjadi saat otot pada bagian atas perut melemah dan menyebabkan asam naik ke saluran pencernaan. Naiknya asam ini dapat mengiritasi saluran pencernaan dan menimbulkan beberapa gejala, salah satunya rasa pahit di mulut.

3. Stres dan rasa cemas

Apakah saat sedang sakit Anda kerap merasa stres atau cemas? Nah, ternyata meningkatnya kadar stres dan rasa cemas juga dapat menstimulasi respons stres pada tubuh yang akan mempengaruhi indra pencernaan, lho! Ditambah lagi, rasa cemas kerap menyebabkan mulut kering yang juga dapat berujung pada rasa pahit di mulut.

4. Konsumsi obat-obatan

Pada beberapa orang, beberapa obat, suplemen, atau perawatan medis tertentu dapat menyebabkan mulut terasa pahit. Hal ini mungkin terjadi karena obat yang dikonsumsi memang terasa pahit, atau kandungan dari obat tersebut menyebabkan rasa pahit pada air liur. Apabila hal ini terjadi pada Anda, sebaiknya tanyakan pada dokter apakah obat yang dikonsumsi memang memiliki efek samping rasa pahit di mulut atau tidak.

5. Beberapa penyakit tertentu

Selain karena beberapa alasan di atas, salah satu alasan mengapa mulut terasa pahit saat sedang sakit mungkin ternyata cukup simpel, yaitu karena penyakit itu sendiri. Beberapa penyakit, termasuk infeksi sinus atau demam mungkin akan dibarengi dengan gejala berupa rasa pahit di mulut. Saat sedang jatuh sakit, imun tubuh akan melemah dan tubuh akan menstimulasi protein untuk melawan sel penyakit. Protein ini dapat mempengaruhi lidah dan indra perasa Anda, sehingga dapat menyebabkan timbulnya rasa pahit di mulut.