Ketahui Ragam Manfaat Yang Bisa Anda Rasakan Dari Aromaterapi

Ketahui Ragam Manfaat Yang Bisa Anda Rasakan Dari Aromaterapi

Informasi Terkini – Saat mendengar kata ‘aromaterapi’, mungkin Anda akan langsung teringat dengan essential oil. Padahal, terdapat perbedaan di antara keduanya. Aromaterapi sendiri berasal dari kata ‘aroma’ dan ‘terapi’. Aroma diartikan sebagai minyak-minyak aromatis alias essential oil, sedangkan terapi adalah kegiatan yang dilakukan secara berulang untuk mencapai kondisi tertentu. Jika digabungkan, aromaterapi bisa diartikan sebagai suatu kegiatan untuk mencapai kondisi tertentu dengan menggunakan essential oil. Lantas, apa saja sih manfaat yang bisa diperoleh dari aromaterapi?

1. Mengurangi stres dan memperbaiki mood

Apakah Anda pernah merasa lebih rileks dan lebih nyaman setelah menghirup wangi aromaterapi? Well, ternyata ada alasan ilmiah di balik hal ini. Menurut hasil studi, tingkat stres responden yang menghirup aromaterapi lebih rendah ketimbang yang mereka yang tidak. Sejalan dengan penemuan tersebut, studi lainnya menyebutkan bahwa pemberian aromaterapi (lavender essential oil dan rosemary essential oil) selama 3 menit dapat membantu meningkatkan atau mengurangi mood depresi dan mengurangi rasa cemas, lho!

2. Membantu meredakan sakit

Tak sedikit brand luar maupun dalam negeri yang menawarkan natural remedy dengan memanfaatkan aromaterapi untuk membantu meredakan rasa sakit, sebut saja sakit kepala, sakit perut saat menstruasi, atau rasa mual. Menurut hasil studi, ternyata aromaterapi memang dapat membantu mengurangi sakit kepala. Bahkan, studi lainnya menyebutkan bahwa aromaterapi dapat mengurangi rasa mual. Beberapa aromaterapi yang paling direkomendasikan untuk mengatasi sakit kepala atau migren antara lain peppermint essential oil, eucalyptus essential oil, dan peppermint essential oil.

3. Meningkatkan daya ingat

Jika Anda termasuk sebagai salah eorang yang pikun alias mudah lupa, penggunaan aromaterapi ternyata juga dapat menjadi solusi tepat untuk mengatasi masalah tersebut, lho! Pasalnya, beberapa studi yang dikemukakan oleh onlinelibrary.wiley.com dan koreascience menyebutkan bahwa paparan aromaterapi dapat membantu meningkatkan daya ingat pada penderita alzheimer dan mahasiswa. Nah, jika Anda tertarik mencobanya, aromaterapi yang bisa dicoba adalah rosemary essential oil dan sage essential oil.

4. Membantu mengatasi insomnia

Meski sudah tahu betul akan dampak negatif yang dihasilkan dari kebiasaan tidur larut bagi kesehatan dan kecantikan, terkadang masih saja ada sebagian orang yang tergoda untuk begadang demi menonton film atau drama favorit. Well, kalau trik menghitung domba atau minum susu sebelum tidur sudah tak lagi berfungsi, mungkin Anda bisa mengandalkan bantuan aromaterapi. Selain bisa mempermudah tidur karena mampu mengurangi stres dan rasa cemas, sebuah studi juga menyebutkan bahwa aromaterapi dapat meningkatkan kualitas tidur. Pilihan aromaterapi yang bisa dicoba, antara lain lavender essential oil, ylang-ylang essential oil, dan neroli essential oil.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Meskipun dampaknya tak terlalu besar, namun beberapa studi juga menyebutkan bahwa aromaterapi dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tak heran, banyak para ibu, salah satunya adalah content creator Andra Alodita yang kerap menggunakan aromaterapi untuk mengatasi masalah kesehatan sekaligus menjaga imunitasnya sekeluarga. Beberapa jenis oil yang menarik dicoba adalah oregano essential oil, eucalyptus essential oil, thieves essential oil, atau lemon essential oil. Untuk penggunaannya, bisa langsung diaplikasikan secara topikal maupun menggunakan diffuser.