Ketahui Tentang Diet Pegan, Kombinasi Dua Macam Diet Yang Banyak Diminati Karena Manfaatnya

Ketahui Tentang Diet Pegan, Kombinasi Dua Macam Diet Yang Banyak Diminati Karena Manfaatnya

Informasi Terkini – Untuk menurunkan berat badan, setiap orang memiliki tipe diet yang berbeda supaya dietnya berhasil tanpa menimbulkan efek samping pada tubuh. Ada orang yang berhasil menurunkan berat badan jika melakukan diet dengan mengurangi konsumsi karbohidrat, namun ada juga lebih efektif menerapkan diet dengan mengonsumsi makanan tinggi serat. Seiring berjalannya waktu, kini semakin banyak jenis diet yang bisa dilakukan sesuai dengan kondisi tubuh. Sekitar beberapa tahun belakangan ada suatu jenis yang disebut dengan istilah diet pegan, yang merupakan kombinasi diet paleo dan juga diet vegan. Yuk, kenali lebih dalam tentang pegan diet dan manfaatnya untuk tubuh melalui penjelasan berikut ini!

1. Apa itu diet pegan?

Tak hanya konsisten dan disiplin dalam menerapkan pola makan dan mengimbanginya dengan olahraga, jenis diet juga sangat berpengaruh pada hasilnya untuk mendapatkan tubuh sehat dan berat badan yang ideal. Seorang dokter dan penulis buku kesehatan bernama Dr. Mark Hyman dari Cleveland Clinic, memperkenalkan diet yang disebut dengan pegan diet dalam blog-nya di tahun 2014. Diet paleo dilakukan dengan menerapkan pola makan ala orang-orang pada zaman paleolitikum yang hanya mengandalkan bahan makanan alami. Sedangkan diet vegan dilakukan tanpa mengonsumsi produk hewani seperti daging, susu, madu, keju, dan telur. Dokter Hyman mengkombinasikan keduanya, untuk membuat pola makan lebih sehat dan seimbang bagi tubuh.

2. Pola makan ala diet pegan

Setelah mengetahui perbedaan antara diet paleo dan juga diet vegan, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengetahui konsep diet pegan. Dilihat dari istilahnya, diet pegan adalah kombinasi antara diet paleo dan juga diet vegan. Keduanya tentu saja menerapkan aturan tersendiri berhubungan dengan pola makan dan jenis makanan apa saja yang perlu dihindari. Menggabungkan keduanya memang terkesan tidak mungkin, tetapi Dana James, seorang ahli nutrisi dan pendiri Food Coach di New York menemukan bahwa Anda dapat menjalaninya dengan menerapkan pola makan kedua jenis diet tetapi tidak mengikuti masing-masing dengan ketat.

Mengikuti diet vegan, diet pegan menerapkan pola makan yang didominasi dengan mengonsumsi sayur, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan. Namun, karena dikombinasikan dengan diet paleo, dalam menjalani diet pegan Anda masih diperbolehkan mengonsumsi daging namun dengan lemak sehat dan juga bebas gluten. Lemak sehat untuk menjalani pola makan ala diet pegan bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi alpukat, kacang-kacangan, kelapa, dan juga ikan yang kaya akan kandungan omega 3. Tak hanya itu, diet pegan juga menganjurkan untuk tidak mengonsumsi makanan hasil olahan susu dan juga mengurangi gula.

3. Manfaat dan efek samping diet pegan

Seorang ahli diet bernama Desiree Nielsen, RD, mengatakan bahwa diet pegan mungkin tidak cocok bagi sebagian orang namun tetap bisa bekerja dengan efektif pada banyak orang. Selain mengombinasikan dua jenis diet yang memungkinkan Anda lebih banyak mengonsumsi makanan alami seperti buah dan sayur, pegan diet masih memungkinkan Anda mengonsumsi daging dengan lemak sehat dan juga telur. Menambahkan buah dan sayur di dalam pola makan Anda tidak hanya akan mencukupi kebutuhan vitamin dan serat di dalam tubuh, tetapi juga bermanfaat sebagai antioksidan serta anti stres, lho.

Pada dasarnya, diet pegan menerapkan pola makan yang membuat Anda lebih banyak mengonsumsi buah dan juga sayur, yang tentu saja baik untuk kesehatan. Namun, diet ini menganjurkan Anda menghindari susu dan segala jenis produk olahannya. Bagi Anda yang tertarik mempraktikkan metode diet ini, pastikan mengkonsultasikannya dengan ahli gizi agar usaha untuk mendapatkan berat badan yang ideal turut diimbangi dengan kondisi tubuh yang sehat dan seimbang.