Kombinasi Primer Dan Foundation Sesuai Jenis Dan Masalah Kulit Anda

Kombinasi Primer Dan Foundation Sesuai Jenis Dan Masalah Kulit Anda

Informasi Terkini – Untuk Anda yang baru mulai menggunakan atau sering coba-coba produk makeup, pastinya paham jika menemukan produk yang ‘ngena’ di kulit cukup menantang. Apalagi untuk base makeup seperti foundation. Kalau menemukan produk dengan warna yang pas dengan kulit, saya pasti sudah sujud syukur. Warna foundation adalah masalah pertama. Masalah berikutnya, cocokkah produk tersebut dengan jenis kulit Anda? Warna sudah cocok, namun kalau cepat luntur atau hasil akhirnya cakey, sedih juga ya. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengombinasikan primer dan foundation.

Primer biasa digunakan sebagai dasar foundation untuk mengunci riasan agar lebih tahan lama. Primer juga bisa digunakan untuk menyamarkan masalah tekstur kulit dengan membuatnya tampak lebih halus. Jika belum menemukan ‘jodoh’ untuk base makeup Anda, kami punya beberapa panduan memilih produk yang tepat. Semua disesuaikan dengan jenis dan tipe kulit Anda. Lihat yuk pasangan foundation dan primer berikut ini.

1. Kulit Kering

Masalah utama untuk kulit kering adalah penampakan yang kusam. Ketika memilih primer, pastikan Anda memilih produk yang memberi efek kilau dari dalam. Coba baca labelnya dan pilih kandungan yang memiliki partikel pemantul cahaya. Padukan dengan foundation dengan kandungan pelembap yang tinggi.

2. Kulit Berminyak

Lain lagi dengan kulit berminyak. Keuntungan kulit jenis ini adalah tingkat kelembapannya yang tak kurang, sehingga kulit cenderung berseri. Namun, menjelang siang, hmm, wajah justru menjadi terlalu bersinar, bahkan sering juga disebut mirip ladang minyak! Untuk primer, pilih produk dengan kemampuan untuk menyamarkan pori dan memiliki kandungan untuk menyejukkan kulit. Akhiri dengan foundation dengan hasil akhir
matte yang mampu meredam produksi minyak.

3. Kulit Rentan Berjerawat

Kulit berminyak belum tentu berjerawat. Namun, kulit berminyak memang rentan akan jerawat jika produksi minyak berlebihnya tidak ditangani dengan tepat. Agak tricky juga mengaplikasikan riasan jika wajah sedang berjerawat. Karena itu, pilih primer dengan tekstur yang ringan dan memiliki formula anti-bakteri. Bagus juga jika produk ini memiliki kemampuan untuk memperbaiki rona kemerahan akibat jerawat. Begitu juga dengan foundation yang digunakan. Pastikan teksturnya tidak terlalu creamy dan tebal, memiliki efek melembapkan yang maksimal, serta formulanya pas untuk mengatasi jerawat. Untuk hasil terbaik, mulus, dan merata, gunakan spons atau kuas. Pastikan kulit sudah bersih sebelum pemakaian produk.

4. Kulit Berkeriput

Anda (atau ibu Anda) yang sudah berusia lanjut juga harus berhati-hati dalam memilih base makeup. Kulit yang sudah menua biasanya kehilangan rona segar akibat kering dan kendur. Teksturnya pun tak lagi halus. Primer pilihan Anda haruslah yang melembapkan dan menutrisi. Hindari yang memiliki efek matte. Lanjutkan dengan foundation bertekstur ringan atau tinted moisturizer. Riasan berat cenderung membuat wajah terlihat semakin tua dan hasilnya bisa ‘retak’ karena kulit yang kering tadi. Jika Anda tetap menginginkan riasan matte, tetap gunakan base makeup yang melembapkan (tanpa efek matte) dan gunakan bedak dengan hasil akhir matte.