Konsumsi Bayam Secara Rutin, Bisa Bikin Badan Lebih Sehat

Ternyata bayam memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, ada bayam yang jenisnya tidak boleh dimakan. Bayam liar, biasanya bayam liar ini berciri-ciri batangnya merah dan daunnya kaku berduri. Bayam yang dikonsumsi merupakan bayam budi daya. Bayam ini biasanya berciri-ciri batangnya hijau dan daunnya tidak terlalu kaku.

Untuk pengonsumsian bayam budi daya ini biasa dibuat sayur atau dibuat salad. Kandungan zat gizinya cukup besar, sehingga bayam cocok sekali digunakan untuk penderita penyakit kronis. Untuk mengetahui apa saja manfaat bayam untuk kesehatan tubuh, berikut ini juga ulasannya.

Mencegah Anemia

Kandungan zat besi dan vitamin C yang baik pada bayam dipercaya mampu untuk mengatasi anemia. Karena zat besi yang akan berfungsi untuk meningkatkan produksi sel darah merah dan menyehatkan untuk metabolisme tubuh. Dan kandungan vitamin C dapat menetralkan penyerapan zat besi di dalam tubuh.

Nutrisi untuk Ibu Hamil

Kandungan folat, beta karoten, vitamin C dan K, kalsium dan kandungan lainnya yang ada pada bayam ini bisa bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya. Asam folat dapat membantu dalam pencegahan cacat tabung saraf pada kehamilan pertama.

Celah atau bibir sumbing ini ini merupakan cacat akibat kelainan deformitas kongenital yang disebabkan karena kekurangan mengonsumsi folat. Pengonsumsian bayam ini sangat dianjurkan untuk ibu hamil.

Menjaga Tekanan Darah

Bayam juga bermanfaat untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Karena kandungan natrium yang tinggi dan potasium dapat menurunkan tekanan darah dan menjaga tekanan darah agar stabil. Untuk penderita hipertensi sangat cocok untuk mengonsumsi sayur bayam ini agar tekanan darah cepat menurun.