Kopi Bisa Cegah Penyakit Alzhaimer Dan Parkinson?

Kopi Bisa Cegah Penyakit Alzhaimer Dan Parkinson?

Informasi Terkini – Kopi memang banyak digemari oleh semua kalangan. Tak hanya pria, banyak pula wanita yang gemar mengonsumsi kopi. Hal ini tidak menjadi masalah ketika mereka mengonsumsi kopi secara batas wajar dan tidak berlebihan. Sebab, mengonsumsi kopi secara berlebihan bisa menyebabkan timbulnya masalah kesehatan yang cukup berbahaya bagi tubuh.
Namun, penelitian yang meneliti kopi menemukan bahwa kopi dapat menurunkan resiko seseorang terkena penyakit alzaimer atau kepikunan dan penyakit parkinson. Penyakit ini sering dialami oleh mereka yang sudah berusia lanjut. Akan tetapi, saat seseorang gambar mengonsumsi kopi mereka akan mengalami penurunan risiko terhadap kedua penyakit tersebut.
Penelitian ini dari Kremblin Brain Institute di Kanada. Mereka menganalisis tiga jenis biji kopi yang pengolahannya dibedakan. Pengolahan tersebut terdiri dari biji yang dipanggang sebentar, panggang lama hingga warnanya menghitam dan roasting gelap tanpa kandungan kafein.
Dari semua pengolahan tersebut kemudian biji kopi itu diteliti kandungannya. Kemudian ditemukan bahwa dalam setiap biji kopi yang mengalami roasting memiliki senyawa yang bernama “phenylindanes”. Diketahui manfaat dari senyawa ini ialah dapat mencegah serta menghambat pengumpulan dua fragmen protein, yakni beta amyloid dan tau. Kedua fragmen protein ini ditemukan pada otak mereka yang mengalami penyakit alzheimer dan parkinson.
Namun, para peneliti yang terdapat dalam penelitian ini belum menyebutkan bahwa kopi merupakan obat dari penyakit alzheimer dan parkinson. Menurut mereka, penelitian ini masih awal sehingga diperlukan penelitian yang lebih lanjut yang membahas tentang keseluruhan serta dapat menetapkan bagaimana manfaat kopi bagi penyakit tersebut.