Kroscek Apa Yang Salah Dalam Tubuh Yang Menyebabkan Alergi Tak Kunjung Sembuh

Kroscek Apa Yang Salah Dalam Tubuh Yang Menyebabkan Alergi Tak Kunjung Sembuh

Informasi Terkini – Stres
Stres bukan penyebab alergi, namun stres bisa membuat gejala alergi sulit sembuh akibat respon tubuh untuk melindungi diri. Saat Anda stres, otak memberikan perintah dari hipotalamus ke kelenjar adrenal untuk melepaskan hormon stres adrenalin dan kortisol, serta histamin, zat kimia yang menyebabkan gejala alergi.

Stres yang terjadi berkepanjangan akan memperlambat respon peradangan untuk melawan zat asing, sehingga Anda akan lebih rentan untuk terkena penyakit, seperti influenza, batuk pilek, atau penyakit infeksi lainnya. Stres kronis juga membuat reaksi alergi Anda lebih lama sembuhnya.

Pembersih debu
Prinsip utama untuk mengendalikan gejala alergi adalah dengan menjaga rumah dan area aktivitas Anda tetap bersih, terutama jika Anda memiliki alergi debu. Meski begitu, perhatikan cara membersihkannya.

Anda sebenarnya lebih dianjurkan untuk menggunakan kain basah saat membersihkan debu di rumah, ketimbang pakai sapu atau kemoceng. Membersihkan mebel rumah dengan kain lap kering atau kemoceng justru bisa membuat debu semakin berterbangan di udara sehingga memperburuk alergi Anda.

Pakaian
Pakaian, terutama yang terbuat dari kain kasar atau wol, bisa membuat debu dan serbuk sari lebih mudah terperangkap di serat-seratnya. Ketika Anda tidak mencuci pakaian tersebut dengan baik, pakaian tersebut bisa memperburuk alergi Anda di kemudian karena debu dan kotoran yang masih menempel.

Buah dan sayuran
Tahukah Anda bahwa beberapa buah dan sayuran, meskipun baik untuk kesehatan, bisa membuat alergi Anda memburuk? Hal tersebut karena beberapa buah dan sayuran mengandung protein yang mirip dengan yang ditemukan di serbuk sari, yang dapat membingungkan sistem kekebalan tubuh Anda dan menyebabkan reaksi alergi. Misalnya saja kentang dan bawang.

Lari pagi
Jangan takut dulu. Yang membuat gejala alergi sulit sembuh bukanlah aktivitas lari pagi yang Anda lakukan, melainkan serbuk sari tanaman dan debu jalanan yang Anda hirup saat berlari. Serbuk sari akan merekah dan berterbangan di udara paling banyak di pagi hari. Karena itu, Anda perlu segera mandi, mencuci rambut, dan mengganti pakaian, terutama jika Anda berlari di tempat yang banyak tanaman.

Asap rokok
Sebuah studi di Journal of Allergy and Clinical Immunology menemukan bahwa asap rokok yang dihirup perokok pasif dapat memperburuk gejala alerginya. Periset menemukan bahwa tingkat antibodi alergen IgE 16,6 kali lebih tinggi pada orang-orang yang terpapar asap rokok dibandingkan yang terpapar udara bersih. Dan sama seperti lilin dan parfum, asap adalah zat iritan yang bisa mengganggu saluran pernapasan Anda, sehingga membuat gejala alergi sulit sembuh.