Yuk, Ketahui 7 Macam Keju dan Fungsinya

Siapa sih yang belum mengenal keju? Mungkin semuanya sudah pernah dengar dan merasakannya ya. Namun perlu diketahui keju memiliki banyak jenis dan fungsinya masing-masing lo. Ingin tahu kelanjutannya, simak ulasannya berikut ini yuk!

Keju merupakan makanan yang terbuat dari olahan susu. Biasanya keju digunakan untuk topping makanan, seperti pizza, spaghetti, dan makanan lainnya.

Tak jarang, keju juga dijadikan tambahan untuk olahan minuman. Banyak kalangan menyukai keju karena rasanya yang unik dan sedikit asin.

Cara mengolah keju umumnya adalah dengan memisahkan zat-zat padat dalam susu, lalu masuk dalam proses pengentalan. Dengan berbagai macam cara, olahan bahan keju tersebut dikeringkan, diproses dan diawetkan. Jadilah berbagai variasi produk keju yang diinginkan.

Agar tidak salah memilih keju, mari kita ulas macam-macam keju berikut ini. Apa saja?

1. Keju Parmesan

Macam keju yang pertama adalah keju parmesan. Keju ini terbuat dari susu sapi dan berasal dari Italia. Bentuk gambarannya sering kita lihat dalam beberapa serial cartoon. Keju parmesan berbentuk padat dan bertekstur kasar. Selain itu, pada setiap bagiannya memiliki lubang-lubang kecil. Fungsi keju parmesan adalah sebagai taburan untuk makanan sup, kue kering, spageti, dan pizza.

2. Keju Cheddar

Kalau ini pasti sudah banyak yang tau, kan?
Macam keju yang kedua adalah keju cheddar yang memiliki bentuk kotak padat. Keju cheddar ini berasal dari Inggris dan sering dijadikan sebagai bahan utama untuk pembuatan kue.

3. Keju Mozzarella

Macam keju yang ketiga adalah keju mozzarella. Keju ini menjadi favorit banyak orang karena memiliki tekstur yang creamy setelah diolah. Bahan dasar keju mozzarella sebenarnya adalah susu kerbau, namun karena bahannya yang langka maka keju mozzarella diolah dengan susu sapi sehingga mudah untuk diproduksi. Banyak makanan yang cocok dipadukan dengan keju mozzarella, seperti mie instan, pizza, dan corndog.

4. Keju Edam

Macam keju yang selanjutnya adalah keju edam. Keju ini berasal dari negara kincir angin, Belanda. Bentuknya seperti apel dengan lapisan luarnya berwarna merah. Keju edam sering digunakan sebagai taburan untuk makanan ringan, seperti kue kering.

5. Keju Gouda

Macam keju kelima adalah keju gouda. Keju ini cukup berbeda dari yang lainnya karena memiliki rasa manis. Rasa tersebut muncul karena proses pemanasan pada olahan susu dapat menghilangkan kandungan asam laktat untuk menjadikan keju gouda. Sama halnya dengan keju yang sebelumnya, keju gouda berasal dari Belanda dan sering disajikan sebagai topping salad dan spagetti.

6. Keju Stilton

Macam keju keenam adalah keju yang berasal dari Inggris, yaitu keju stilton. Keju dari olahan susu sapi ini memiliki corak warna biru di bagian tengahnya. Untuk keju ini susah ditemukan dan termasuk jenis keju yang langka.

7. Keju Chevre

Macam keju yang terakhir yaitu keju chevre. Terbuat dari olahan susu kambing yang difermentasi lama membuat rasanya sedikit masam seperti buah lemon. Tampilan bentuknya cerah yang cenderung berwarna putih. Keju chevre berasal dari Prancis dan biasanya dikonsumsi sebagai isian roti dan crumbled salad.

Manakah keju favoritmu?