Kulit Perih Akibat Sunburn? Yuk, Atasi Dengan Bahan Alami Ini

Kulit Perih Akibat Sunburn? Yuk, Atasi Dengan Bahan Alami Ini

Informasi Terkini – Berada di bawah sinar matahari dalam waktu yang cukup lama tanpa perlindungan dapat mengakibatkan kulit terbakar (sunburn). Kulit yang terbakar akan menimbulkan warna kemerahan dan pada beberapa kasus kulit juga terasa perih jika tersentuh. Jika sudah parah, bisa saja kulit Anda bengkak yang tentu terasa tidak nyaman jika sedang beraktivitas.

Selain mengantisipasi dengan menggunakan sunscreen sebelum keluar rumah, kulit yang sudah terlanjur memerah memang butuh beberapa hari untuk kembaii pulih. Biasanya kondisi ini akan disertai dengan rasa gatal karena sel-sel kulit yang rusak akibat terbakar mulai digantikan dengan sel kulit baru yang sehat. Untuk membantu proses penyembuhan, Anda dapat menggunakan beberapa bahan alami yang tepat seperti di bawah ini:

1. Aloe Vera

Aloe vera diketahui mengandung glikoprotein yang mampu mempercepat penyembuhan kulit dari peradangan. Terutama jika Anda menggunakan lidah buaya yang masih segar langsung dari tanamannya bukan dalam kemasan. Untuk mempercepat proses penyembuhan, Anda dapat mencampurkan gel lidah buaya dengan air dan bekukan di dalam freezer. Tunggu hingga gel tersebut berbentuk es batu dan gunakan pada area kulit yang terbakar. Cara ini dianggap ampuh karena dapat mendinginkan kulit yang terbakar. Namun perhatikan juga dalam penggunaanya untuk tidak mengenai getah lidah buaya, yang bisa memberi efek rasa gatal di kulit.

2. Cuka Apel

Apple cider vinegar atau cuka apel memiliki kandungan asam asetat yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit. Anda dapat mencampurkan cuka apel dan air yang direndam bersamaan dengan handuk. Handuk inilah yang kemudian bisa dioleskan ke bagian kulit yang terbakar. Cara mudah lainnya adalah menempatkan campuran cuka apel dan air tersebut ke dalam botol spray. Cara ini jauh lebih praktis saat mengatasi kulit yang gatal akibat terbakar sinar matahari.

3. Madu

Madu murni bersifat antibakteri dan antiseptik alami yang cocok untuk menyembuhkan kulit kering dan kulit terbakar. Nutrisi dalam madu juga dipercaya dapat mengurangi iritasi dan meningkatkan kinerja sel-sel dalam penyembuhan luka, termasuk luka bakar. Anda dapat mengoleskan madu pada kulit yang mengalami peradangan. Kemudian, tutup dengan menggunakan kasa dan secara perlahan kulit akan terasa lebih soothing dan nyaman.

4. Susu

Susu tak hanya berperan sebagai minuman yang sehat, namun juga memiliki beberapa manfaat bagi kecantikan. Kandungan laktosa di dalamnya dipercaya dapat membantu beberapa masalah kulit termasuk mengurangi peradangan kulit akibat terbakar sinar matahari. Sebaiknya Anda menggunakan susu murni untuk mengatasi kondisi kulit terbakar. Anda dapat mengoleskan susu dengan bantuan kapas langsung pada area kulit yang terbakar.

5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa diperkata dengan beragam jenis vitamin mulai dari vitamin D, E dan protein di dalamnya. Minyak yang biasa digunakan sebagai pelembap kulit juga dapat dimanfaatkan untuk meredakan area kulit yang terpapar sinar matahari. Namun, sebaiknya menggunakan minyak kelapa sehari setelahnya, karena pada dasarnya kulit yang terbakar masih menyimpan panas. Minyak yang mengenai kulit dengan kondisi ini akan memperparah gejala terbakar. Sebaiknya gunakan aloe vera atau susu terlebih dahulu untuk menurunkan suhu panas pada kulit.

6. Teh

Kandungan tannic acid dalam teh dapat membantu menjaga keseimbangan pH kulit. Hal ini pula yang menjadi alasan kenapa teh bagus untuk menenangkan kulit yang iritasi. Anda hanya perlu menyeduh beberapa kantong teh dan memasukkanya ke dalam lemari es untuk didinginkan. Kemudian oeskan kantong teh yang sudah dingin pada kulit yang iritasi. Kantong teh juga mudah di bawa bepergian sehingga praktis digunakan kapan saja.

7. Oatmeal

Oatmeal biasanya dikenal sebagai bahan yang cocok untuk menenangkan kulit dari kemerahan ataupun peradangan. Untuk itu, Anda dapat menggunakan oatmeal sebagai cara yang jitu mengatasi kulit terbakar dengan cara yang mudah. Anda hanya perlu mencampurkan oatmeal ke dalam air dingin dan oleskan pada kulit selama 15 hingga 20 menit.