Lakukan 7 Kebiasaan Kerja Ini Untuk Bikin Bos Terkesan

Lakukan 7 Kebiasaan Kerja Ini Untuk Bikin Bos Terkesan

Informasi Terkini – Sebagai karyawan yang baru saja diterima kerja di perusahaan impian, wajar kalau Anda ingin mendapatkan kesan baik di mata bos. Apalagi, bos adalah orang yang memegang kunci kelangsungan karier Anda di masa depan, termasuk urusan kenaikan gaji, promosi, dan tantangan kerja lain yang selama ini Anda idamkan. Jangan salah mengartikan hal ini sebagai ‘menjilat atasan’ lho. Memberi kesan baik di mata bos tak harus sampai seperti Andy Sachs di The Devil Wears Prada kok. Cukup dengan melakukan kebiasaan kerja yang positif dan sederhana, Anda bisa mendapatkan kesan baik di mata bos dan tentu saja peluang kenaikan karier yang lebih lancar. Penasaran kebiasaan kerja apa saja yang saya maksud?

1. Berani Menyapa Boss

Mulai besok, coba beranikan diri untuk setidaknya mengucapkan selamat pagi pada si bos. Atau, Anda bisa sesekali menanyakan pendapat beliau mengenai hal yang berhubungan dengan pekerjaan. Ini adalah salah satu cara sederhana yang paling efektif untuk membuat bos mengingat Anda.

2. Selalu Datang Tepat Waktu

Meski Anda sudah dikenal bos sebagai karyawan yang paling ramah dan pekerja keras, semuanya akan hilang kalau Anda sering terlambat datang kerja atau meeting. Jadi, atur waktu dengan baik agar selalu datang tepat waktu saat kerja atau meeting ya. Selain akan menyenangkan bos, kebiasaan kerja ini akan memberi kesan pribadi yang disiplin dan bertanggung jawab.

3. Selalu Tunjukkan Inisiatif

Lain kali, saat Anda diberi tugas, pikirkan cara kreatif untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih baik. Minimal, Anda harus melakukan sesuatu yang bisa membuat performa departemen Anda menjadi lebih baik. Jangan lupa untuk menuliskan semua ide tadi dan sarankan pada bos. Meski belum tentu semua ide tersebut akan diterapkan, bos pasti akan menghargai dan mengingat inisiatif yang sudah Anda lakukan.

4. Mengakui Kesalahan

Normal kok kalau suatu saat Anda melakukan kesalahan saat bekerja. Tak usah takut! Yang terpenting adalah Anda mau mengakui kesalahan dan segera berusaha untuk memperbaiki keadaan. Kejujuran akan menunjukkan kualitas pribadi yang patut dihargai oleh bos dan rekan kerja.

5. Have Fun

Faktanya, para bos itu suka banget loh melihat karyawannya bekerja dengan perasaan senang. Jika begitu, bos akan merasa karyawannya bisa bekerja dengan lebih produktif. Jadi, sebisa mungkin nikmati pekerjaan Anda dan lakukan pekerjaan dengan cara yang menyenangkan.

6. Bisa Diandalkan

Saat boss Anda sedang sibuk dan perlu bantuan untuk mengerjakan suatu hal, cobalah jadi orang pertama yang menawarkan diri untuk membantu. Begitu juga halnya kalau Anda ditawarkan untuk mengerjakan proyek di luar deskripsi pekerjaan. Ini akan menunjukkan kalau Anda sudah siap untuk mengemban tanggung jawab dan peran yang lebih besar (serta gaji yang lebih besar tentunya).

7. Perbaiki Tampilan Diri

Bukan cuma soal memperbaiki penampilan dengan memakai baju kerja yang terkesan profesional, tapi Anda juga harus mulai mengubah pembawaan diri dan cara berkomunikasi secara keseluruhan menjadi lebih baik. Tak perlu langsung belanja gila-gilaan dan makeover drastis. Coba lihat majalah mode atau situs lifestyle untuk melihat tren yang sedang happening. Coba lihat gaya berbusana yang cocok dengan Anda dan miliki 1-3 items yang sesuai. Cek juga potongan rambut yang akan membuat penampilan Anda terlihat segar dan kekinian.