Lakukan Beberapa Hal Berikut Agar Bisa Memaafkan Dan Move On Dari Pasangan Yang Berselingkuh

Lakukan Beberapa Hal Berikut Agar Bisa Memaafkan Dan Move On Dari Pasangan Yang Berselingkuh

Informasi Terkini – 1. Mengetahui perbedaan antara memaafkan dan melupakan

Meski sulit, memaafkan mantan kekasih yang telah berselingkuh adalah kunci supaya dapat melanjutkan hidup dengan tenang. Namun, seringkali wanita yang mengalaminya cenderung lebih suka melupakan rasa sakit hati tersebut. Mungkin berusaha melupakan adalah cara yang dianggap paling ampuh untuk move-on dari pasangan yang berselingkuh, tetapi melupakan tanpa memaafkannya suatu saat akan membuat Anda kembali merasakan sakit hati dan amarah ketika mengingat pengalaman buruk tersebut. Terkadang pengalaman pahit yang Anda alami dalam sebuah hubungan bisa menjadi sebuah pelajaran berharga untuk menjalani hubungan yang baru di masa yang akan datang.

2. Jangan biarkan emosi menguasai Anda

Salah satu alasan kuat yang seringkali membuat para wanita sulit memaafkan dan move-on dari pasangan yang berselingkuh adalah emosi, amarah dan rasa sakit hati yang masih dibiarkan menguasai hati serta pikiran. Frustasi dan marah memang hal yang wajar dirasakan ketika pasangan berselingkuh, namun jangan biarkan amarah tersebut berlarut-larut menyelimuti hati dan pikiran Anda. Selain membuat Anda menjadi sensitif, tidak menutup kemungkinan hal ini juga menyebabkan kemarahan yang salah sasaran, serta berdampak buruk bagi hidup di masa yang akan datang.

3. Jangan mengurung diri dan biarkan orang terdekat membantu Anda

Masa-masa patah hati karena putus dari pasangan yang berselingkuh adalah waktu yang berat. Meski Anda memerlukan waktu untuk sendiri dan merenung, Anda juga tidak perlu terlalu lama mengurung dan menyalahkan diri Anda sendiri. Saat mengalami patah hati biarkan orang-orang disekitar yang menyayangi Anda menemani dan menguatkan Anda. Mereka bisa membantu Anda melihat hubungan yang sudah Anda jalani dari perspektif yang berbeda. Tak perlu ragu menerima dukungan mereka, karena dukungan bisa membuat Anda lebih cepat memaafkan dan move on dari pasangan yang selingkuh.

4. Berkonsultasi dengan psikiater bila perlu

Ketika benar-benar membutuhkan saran untuk bisa lepas dari masalah dengan pasangan yang berselingkuh, Anda tak perlu ragu mencari psikiater untuk mendapatkan bimbingan. Berbicara dan mendapatkan bimbingan dari terapis yang profesional bisa membantu Anda melihat masalah yang sedang dialami dengan perspektif yang tepat. Bila sudah dapat mengontrol emosi dengan baik, Anda juga akan segera bisa menata hati untuk memaafkan dan move-on. Bimbingan profesional yang Anda terima saat berkonsultasi dengan psikiater, juga bisa bermanfaat untuk menghadapi hubungan yang akan dijalani nanti ketika Anda sudah siap.

5. Beri waktu pada diri sendiri untuk sembuh dari rasa sakit dan kecewa

Baru saja mengakhiri hubungan karena pasangan berselingkuh adalah pengalaman yang membuat siapa saja yang mengalaminya merasa sangat terpuruk dan bisa berlarut-larut mengalami kesedihan. Namun, jangan sampai peristiwa tersebut membuat Anda menjadi stres karena tak kunjung bisa melupakan pasangan yang telah berselingkuh, apalagi bagi Anda yang sudah menjalani hubungan yang cukup lama. Tak perlu memaksakan diri untuk segera bisa move on, karena setiap orang memiliki proses yang berbeda ketika menghadapi masalah perselingkuhan. Jangan terburu-buru, berikan waktu pada diri Anda untuk sembuh dari sakit hati dan kecewa.