Lakukan Detoks Tubuh Setelah Lebaran Dengan 5 Cara Ini

Lakukan Detoks Tubuh Setelah Lebaran Dengan 5 Cara Ini

Informasi Terkini – Usai hari raya lebaran berlangsung, banyak orang yang mulai mengeluhkan berat badan yang naik. Bagaimana tidak, banyak makanan khas Lebaran yang tersedia sehingga tak jarang kita kalap untuk menyicipi. Belum lagi, konsumsi makanan yang mulai berubah dari yang sebelumnya hanya saat buka puasa dan sahur saja, sewaktu Lebaran konsumsi makanan meningkat drastis hingga 3 kali sehari. Buat Anda yang mulai khawatir dengan timbangan dan ingin kembali mendetoksifikasi tubuh, berikut langkah yang bisa Anda coba

1. Banyak Bergerak

Banyak bergerak bisa dilakukan dengan cara berolahraga yang mengeluarkan keringat. Salah satunya dengan olahraga kardio yang dapat membakar kalori dalam tubuh. Beberapa olahraga kardio yang bisa Anda lakukan seperti berlari, berenang, hingga lompat tali bisa Anda lakukan sebagai rutinitas. Jika hal tersebut terasa berat, cukup ganti olahraga dengan berjalan kaki atau kegiatan lain yang mengeluarkan keringat seperti membersihkan rumah.

2. Mengurangi Asupan Karbohidrat

Rasanya setiap orang pasti menggunakan momen Lebaran untuk menikmati berbagai makanan yang tersedia, seperti opor ayam hingga daging rendang. Namun sayangnya, berbagai makanan enak ini apabila dikonsumsi secara bersamaan dengan ketupat dapat menimbun karbohidrat berlebih dalam tubuh. Hal ini yang menjadi penyebab kenaikan berat badan pasca Lebaran. Sebaiknya, Anda mulai mengonsumsi kalori dengan jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh dan imbangi dengan konsumsi sayuran yang bagus bagi pencernaan.

3. Konsumsi Air Putih Lebih Banyak

Selain banyaknya makanan khas Lebaran yang tersedia kemarin, tentu ada minuman pendamping seperti es sirup yang ada di atas meja makan. Hal ini yang kemudian banyak dari kita jarang minum air putih. Tentunya untuk memulai detoksifikasi tubuh, Anda perlu banyak mengonsumsi air putih sesuai takaran yang pas tiap harinya. Air putih penting dikonsumsi untuk menghidrasi tubuh dan melancarkan pencernaan. Meminum air putih pada saat bangun tidur dapat membersihkan racun dalam tubuh secara alami. Kemudian lanjutkan dengan jumlah yang tepat sesuai kebutuhan. Cara ini dilakukan sekaligus untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar kalori berlebih setelah lebaran.

4. Tidur yang Cukup

Studi menyebutkan kekurangan tidur merupakan salah satu penyebab utama obesitas pada anak-anak. Kurang tidur saat liburan kemarin bisa jadi dialami sebagian orang karena banyaknya kegiatan, oleh karena itu pastikan tidur Anda cukup. Tidur yang cukup juga merupakan cara detoks alami bagi tubuh sehingga Anda memerlukan waktu sekitar 8 jam untuuk tidur berkualitas tiap harinya.

5. Kurangi Konsumsi Gula

Gula termasuk dalam jenis karbohidrat sederhana yang menyumbang kenaikan berat badan karena makanan dengan kadar gula tinggi juga mengandung kalori yang tinggi pula. Gula yang tak terpakai dapat disimpan tubuh dalam bentuk lemak yang kemudian dapat mempengaruhi kenaikan berat badan. Sebaiknya kurangi konsumsi gula sebagai bentuk detoks tubuh setelah Lebaran berlangsung. Dengan mengurangi konsumsi gula, dapat mendorong tubuh untuk menggunakan cadangan lemak sebagai energi sehingga efekstif dalam menurunkan berat badan.