Lakukan Self Branding Sebagai Langkah Pertama Untuk Memulai Bisnis

Lakukan Self Branding Sebagai Langkah Pertama Untuk Memulai Bisnis

Informasi Terkini – Saat ini ada banyak cara untuk menambah pemasukan selain hanya mengandalkan gaji bulanan. Semakin berkembangnya dunia digital, semakin berkembang pula ide kreatif yang menciptakan lapangan kerja baru hingga berbagai macam bisnis, salah satunya berjualan secara online maupun offline yang membuat banyak orang memiliki usaha sampingan sebagai salah satu cara mendapatkan uang tambahan. Ada yang menjual makanan rumahan, handmade craft, reseller baju-baju Korea, atau makeup yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Meskipun berbisnis terlihat menggiurkan, namun Anda juga harus memperhatikan beberapa tips agar nantinya bisnis memiliki value dan ‘identitas’ di mata konsumen. Sebelum memulai bisnis sendiri, tidak ada salahnya jika Anda mengikuti tips berikut ini.

1. Tarik Perhatian Konsumen dengan Keaslian Produk

Kepercayaan konsumen merupakan kunci utama suksesnya sebuah bisnis atau produk. Sebagai penjual, Anda harus berani jujur dan konsisten terhadap apa yang dijual. Misalnya, jika menjual produk baju, Anda harus jujur mengenai kualitas bahannya seperti apa. Jangan sampai konsumen komplain terhadap barang yang ia terima nyatanya tidak sama dengan apa yang Anda pasarkan. Untuk meningkatkan kepercayaan, izinkan konsumen Anda membeli produk dengan jaminan uang kembali dan konsisten dengan produk yang dijual.

2. Bagikan Konten yang Orang Tidak Bisa Mengikuti

Saat ini, persaingan bisnis semakin ketat seiring berkembangnya teknologi. Salah satu cara agar bisnis Anda tidak terhenti hanya karena hal ini adalah dengan berbagi cerita menarik kepada konsumen. Misalnya, jika memiliki blog seputar traveling, Anda dapat membagikan cerita mengenai tips berlibur ke Jepang hanya dengan budget sekian. Semakin banyak audiens yang merasa terhubung dengan Anda, maka akan semakin baik. Tanpa cerita, bisnis Anda tidak akan menonjol.

3. Jangan Mengikuti Gaya Orang Lain

Mungkin Anda sudah pernah mendengar bahwa menjadi orisinil merupakan cara agar terlihat menonjol. Meskipun hal ini ada benarnya, namun Anda juga tidak bisa melakukannya ketika sesuatu sudah berjalan. Misalnya, jika seseorang sudah memiliki blog sukses di bidang yang sama, maka Anda juga bisa. Jangan mencari alternatif blog yang lebih baik. Mengapa demikian? Karena nantinya hanya akan membuang waktu. Biarkan Anda berada di bidang yang sama dengannya. Tugas selanjutnya adalah menganalisa bagian mana yang tidak ada pada pesaing dan pada bagian apa yang dapat Anda tingkatkan.

4. Manfaatkan Keunikan Anda

Setiap orang memiliki keunikan, begitupun dengan bisnis Anda. Melakukan self branding sebagai langkah awal sebelum memulai bisnis sangatlah penting. Hal ini dikarenakan Anda dapat menjual sebuah ‘identitas’ yang tidak dimiliki oleh brand manapun. Keunikan diri Anda dapat dijadikan sebagai kunci value brand untuk jangka waktu yang panjang. Buatlah satu ciri khas yang dapat membuat orang-orang akan selalu teringat akan produk Anda.

5. Ciptakan Produk yang Dapat Diandalkan Banyak Orang

Melebihi harapan pelanggan adalah cara yang pasti untuk membuat brand Anda menonjol. Dalam buku Influence: The Psychology of Persuasion, penelitian tentang psikologi manusia membuktikan bahwa ketika Anda memberi sesuatu kepada orang lain, maka mereka akan membalas. Anda dapat memberikan bonus tambahan sebagai rasa ucapan terima kasih karena sudah belanja di tempat Anda. Lihat apa yang dilakukan kompetitor Anda. Jadikan itu sebagai misi untuk melayani konsumen lebih baik. Cara lain agar agar bisnis dapat diandalkan adalah dengan menginspirasi konsumen. Bisnis bukan hanya tentang menjual, namun juga membantu mereka mencapai tujuan. Anda dapat menulis konten yang dapat menginspirasi audiens untuk mengambil tindakan. Jadilah kreatif dan mencari lebih banyak cara dimana audiens dapat bergantung pada Anda.