Langkah Detoksifikasi Tubuh Yang Sehat Dan Aman Usai Traveling

Langkah Detoksifikasi Tubuh Yang Sehat Dan Aman Usai Traveling

Informasi Terkini – Baik ke luar kota maupun ke luar negeri, menyelipkan agenda traveling di tengah padatnya aktivitas pekerjaan memang menjadi keputusan yang tepat untuk sekadar melepas penat. Namun sayang, pada saat traveling biasanya urusan makan makanan sehat sering kali jadi terabaikan, karena banyaknya keinginan untuk menyicip berbagai macam masakan khas di destinasi wisata. Akhirnya, kesehatanlah yang akan jadi korbannya. Selain itu, pola makan yang tidak teratur saat traveling juga bisa menyebabkan berat badan naik secara drastis, lho! Nah, agar kondisi kesehatan dan berat badan senantiasa terjaga, yuk lakukan detoksifikasi tubuh dengan cara yang sehat dan aman melalui langkah-langkah berikut ini!

1. Perbanyak Minum Air Putih

Banyak mengonsumsi air putih dapat membantu kinerja kerja ginjal dan organ-organ tubuh lainnya termasuk hati, usus, dan kelenjar getah bening. Namun, bukan berarti Anda harus minum air sebanyak-banyaknya hingga perut menjadi kembung, ya. Minumlah air dengan porsi yang sudah dianjurkan, yakni minimal delapan gelas per hari. Selain itu, salah satu cara mendeteksi apakah tubuh sudah cukup terhidrasi adalah dengan mengecek warna urin. Apabila urin berwarna bening, tandanya tubuh Anda sudah mendapatkan asupan cairan yang cukup. Namun, jika warnanya kuning gelap, tandanya Anda masih kurang mengonsumsi asupan cairan.

2. Batasi Jumlah Kalori

Membatasi makanan yang berkalori tinggi bisa jadi salah satu cara efektif untuk detoksifikasi tubuh. Meski jumlahnya harus dibatasi, bukan berarti Anda harus mengurangi asupan kalori secara besar-besaran, ya! Kekurangan kalori juga tidak baik untuk kesehatan karena akan membuat tubuh menjadi lemas. Nah, karena kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan ahli gizi untuk mendapatkan takaran yang tepat dan tentunya sesuai dengan kondisi tubuh.

3. Konsumsi Sayuran Hijau

Karena organ hati sangat rawan terkena berbagai macam racun dan paparan radikal bebas, salah satu cara efektif dan aman yang bisa Anda lakukan untuk mencegahnya adalah dengan banyak mengonsumsi sayuran hijau. Seperti yang telah diketahui, sayuran hijau kaya akan klorofil yang mampu membersihkan racun-racun di dalam tubuh. Ada berbagai macam sayuran hijau yang sangat ampuh dalam proses detoksifikasi tubuh, misalnya saja bayam, brokoli, artichoke, dan juga kubis.

4. Rutin Meminum Teh Herbal

Selain mengandung anti-oksidan yang baik untuk melindungi tubuh dari penyakit kanker, teh juga dapat membantu mengisi cairan dan energi tubuh, terutama teh herbal. Meski teh juga mengandung kafein seperti kopi, namun kafein yang terkandung dalam teh lebih mudah diterima sistem tubuh. Selain itu, rutin meminum teh herbal secangkir setiap hari akan membuat racun-racun di dalam tubuh keluar dengan sendirinya.

5. Konsumsi Buah yang Kaya Vitamin C

Banyak mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C juga diketahui dapat membersihkan sistem pencernaan dan membantu proses detoksifikasi tubuh. Selain jeruk, ada beberapa buah yang banyak mengandung vitamin C, di antaranya anggur, apel, pepaya, dan kiwi. Beberapa ahli kesehatan bahkan menyarankan untuk mengonsumsi apel setiap hari karena kandungan flavonoid dan anti-oksidan di dalamnya diyakini dapat mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan kanker.